Perhatikan Sebelum Membuat Kolam Renang

Perhatikan Sebelum Membuat Kolam Renang – Renang merupakan olahraga yang banyak digemari oleh orang, selain menyehatkan, berenang juga sangat menyenangkan. Apalagi jika memiliki kolam renang sendiri di rumah. Namun, jika anda berencana untuk membuat kolam renang, anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang tertera dibawah ini.

Ukuran dan Layout

Beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum membuat kolam renang yang pertama adalah ukuran kolam renang serta ketersediaan lahan yang anda miliki. Apabila lahan yang anda miliki tidak terllu besar, alangkah baiknya anda memuat kolam renang sesuai dengan ukurannya, karena yang paling penting disini adalah bagaimana anda membuat kolam renang yang menarik meskipun memiliki ukuran yang kecil.

Teras/Pool Deck

Area yang ada pada sekitar kolam renang ini tak kalah pentingnya dengan kolam itu sendiri, dimana hal yang harus anda perhatikan lainnya adalah penempatan teras atau poll deck. Ada 2 hal yang harus anda perhatikan dalam  pembuatan pol deck ini, yang pertama buat lah lantai yang tidak licin agar keselamatan dan kenyamanan keluarga anda terjaga, dan juga anda harus memperhatikan tentang kebersihan dari pol deck itu sendiri.

Vegetasi

Setelah mendapatkan konsep dan juga Pool deck, faktor yang harus diperhatikan sebelum membuat kolam renang selanjutnya adalah vegetasi. Vegetasi disini berfungsi agar tampilan kolam renang yang anda miliki nampak cantik. Apabila anda ingin mengambil tema alam, silahkan tambahkan bebatuan ataupun menanam pohon disekitarnya.

Kedalaman Air

Tidak melulu memperhatikan tampilan luarnya saja, namun faktor keselamatan juga harus ditentukan juga disini. Salah satunya yang ada kaitannya dengan keselamatan adalah tentang kedalaman kolam tersebut. Untuk kolam renang dewasa silahkan buat dengan kedalaman 1,4 meter, apabila untuk anak-anak buatlah ukuran 0,5 meter. Berikan pemisah berupa ramp untuk membedakan kedalaman.

Air dan Sirkulasi

Faktor yang harus diperhatikan sebelum membuat kolam renang selanjutnya adalah tentang air dan sirkulasi. Silahkan anda buat Overflow (tumpahan air) pada pinggir kolam renang, hal ini digunakan untuk memberikan kesan suasan nyaman dan rilex. Untuk alternatifnya, anda bisa membuat tumpukan batu candi pada pinggiran overflownya nanti. Perhatikan juga kondisi air didalam kolam anda, apabila sudah mulai keruh karena lotion maupun faktor lainnya, silahkan anda lempa bola tenis pada kilam anda. Serat fiber yang dimilikinya akan menyerap minyak yang tertinggal.

Filterisasi

Filterisasi atau penyaringan ini ada beberapa tipe yang bisa anda pilih, sehingga perlu direncanakan dari awal sebelum pembuatan kolam renang itu sendiri. karena dalam pembauatn filter ini nanti erat kaitannya dengan konstruksi dan juga struktur dari bangunan kolam tersebut.

Ketinggian dan Permukaan Lantai

Dan yang harus diperhatikan sebelum membuat kolam renang yang tak kalah pentingnya adalah tingkat ketinggian dari permukaan lantai. Usahakan tingkat ketinggian kolam renang tidak melebih pool deck, hal ini berguna demi menjaga keselamatn dan juga kenyamanan dari keluarga nantinya.

WhatsApp chat