PERHATIKAN WARNA CAT EKSTERIOR RUMAH

Jasa Arsitek – Warna cat bagian eksterior perlu di perhatikan jua, karena pertama kali yang dilihat orang saat mengunjungi rumah kita adalah bagian eksteriornya dulu. Jika eksterior rumahnya sudah menarik perhatian dan elegant maka mereka pasti berpikir interior rumahnya akan secantik luarnya.  Untuk cat rumah eksterior memerlukan perawatan dan cat khusus karena cat ini akan terkena langsung paparan sinar matahari, angin, hujan dan kondisi cuaca yang lain sehingga dapat menyebabkan  cat cepat hilang atau terkelupas. Nah agar kalian tidak menyesal setelah membeli cat, berikut 5 tips memilih warna cat eksterior rumah anda

1. Lakukan riset kecil-kecilan

pilih warna cat

pinterest.com

Ketika memilih warna untuk eksterior rumah, hal pertama yang harus Anda ingat adalah bahwa warna pada kartu warna di toko cat akan terlihat berbeda ketika diaplikasikan di rumah Anda.

Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan membeli cat berukuran kecil dan mencobanya pada area eksterior rumah yang tidak menarik perhatian orang. Pelajari selama beberapa kali dalam sehari; bagaimana perubahan cahaya dan berbagai kondisi cuaca memengaruhi warnanya.

Atau bisa juga dengan berjalan-jalan berkeliling di lingkungan sekitar untuk menilai pola warna eksterior rumah tetangga. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan inspirasi guna menemukan warna yang sempurna untuk rumah Anda.

2. Pertimbangkan rumah dan ukurannya

Cat Eksterior

Ketika sebuah warna digunakan secara tepat maka hal tersebut dapat mengubah persepsi terhadap ukuran rumahnya, terutama jika dibandingkan dengan besaran dimensinya. Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa warna terang bikin terlihat luas, warna gelap bikin nampak sempit.

Misalnya, ketika sebuah bidang kecil pada rumah besar dicat warna gelap, maka akan membuat rumahnya terlihat lebih kecil dan lebih sebanding dengan bidang tadi.

Demikian juga dengan tinggi, secara visual dapat dikurangi dengan mengecat bagian atasnya dengan tone yang lebih dalam dari bagian bawahnya.

3. Perhatikan elemen arsitekturalnya

pinterest.com

Apakah rumah Anda bergaya Tudor, Mediteranian atau tradisional? Pastinya Anda harus memilih pola cat eksterior yang dapat memperkuat gaya arsitektur tersebut.

Pola warna yang tepat tentunya sangat penting daripada yang Anda kira, seperti warna anakronistik (melawan tren) yang dapat membuat rumah Anda tampak menonjol.

Anda juga harus memastikan bahwa skema warna dapat mengimbangi warna permukaan eksterior yang sifatnya permanen seperti atap sirap, batu, jalur, dan jalan masuk.

4. Gunakan petunjuk warna dari lansekap Anda

pinterest.com

Ingat bahwa rumah Anda akan dilihat dalam konteks lansekap Anda, dan koordinasi warna antara keduanya dapat memberikan efek yang indah.

Misalnya, jika rumah Anda dikelilingi dengan tanaman, maka tone tanah akan jauh lebih cocok daripada warna pastel atau warna-warna cerah. Demikian juga, pola warna pastel dapat memberikan latar belakang yang indah untuk tampilan bunga berwarna-warni.

5. Pilih tiga atau lebih warna cat yang saling melengkapi

Contoh Kombinasi Cat Rumah Minimalis Warna Hijau

pinterest.com

Kontras adalah elemen kunci untuk keberhasilan skema cat eksterior. Tiga bidang utama bangunan yang akan dicat adalah: warna utama rumah, warna aksen (untuk pintu, jendela, dan area yang lebih kecil), dan warna lis (untuk jendela dan lain-lainnya).

Idealnya, buat warna lis sangat kontras dengan warna utama, dan warna aksen yang cukup berani untuk menambahkan efek bagi keseluruhan eksterior.

Pekerjaan mengecat eksterior rumah adalah investasi, jadi jangan terburu-buru ketika hendak memilih warnanya. Luangkan waktu Anda dan pertimbangkan semua faktor sehingga Anda mendapatkan pola warna yang sempurna dan bisa bikin Anda bangga sebagai pemilik rumahnya.

Nah, tadi beberaapa langkah untuk memilih cat eksterior rumah anda. Diperhatikan lagi, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Semoga Bermanfaat . . .

WhatsApp chat