Perlu Diketahui Sebelum Membersihkan Noda Pada Tembok

Perlu Diketahui Sebelum Membersihkan Noda Pada Tembok – Tak jarang bahwa dinding pasti akan terkena noda, entah itu noda makanan, noda hewan atau noda dari debu. Dinding perlu dibersihkan secara teratur, mengapa? Karena untuk menjaga kondisi terbaik dinding untuk waktu yang lama, selain itu dinding yang bernoda pasti tak sedap dipandang mata. Namun, sebelum anda membersihkan dinding dari noda anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Ingat-Ingat Jenis Cat

Sebelum melakukan proses pembersihan, Anda perlu mengingat kembali, apakah cat terdahulu mengandung waterproofing atau tidak? Anda perlu mengetahui cat yang dipakai mudah mengelupas atau tidak. Jika cat yang digunakan mudah mengelupas, hanya debu saja yang harus dibersihkan dari jenis cat ini. Untuk cat waterproofing atau yang terbuat dari akrilic, lebih mudah membersihkannya menggunakan air dan larutan pembersih.

Jangan sampai keliru dalam mengenali jenis cat yang digunakan. Jika Anda lupa menggunakan cat jenis apa, ada cara yang bisa digunakan untuk mengetahuinya. Caranya, gunakan larutan sabun kemudian usapkan pada bagian dinding. Jika cat mengelupas atau warna cat menjadi lebih pudar, berarti tembok tersebut tidak bisa dibersihkan menggunakan air.

Larutan Yang Digunakan

Sebelum mencuci, perhatikan juga larutan yang Anda gunakan untuk membersihkan noda. Pasalnya, tidak semua larutan sabun yang dijual di pasaran akan bagus untuk cat tembok rumah Anda. Beberapa jenis sabun mengandung kandungan kimia yang terlalu kuat, sehingga malah membuat cat terkelupas.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba membersihkan noda tembok yang tidak terlalu diperhatikan orang. Bila larutan pembersih noda yang Anda gunakan sesuai, maka cat tidak akan mengelupas. Anda bisa melanjutkan membersihkan noda tembok di bagian lain.

Lindungi Furnitur

Sebelum melakukan pembersihan, lindungi dulu beberapa furnitur yang tidak bisa dipindahkan. Misalnya saja lemari atau sofa yang terlalu berat. Anda bisa menggunakan koran bekas, kain, atau plastik untuk menutup furniture tersebut. Furnitur tidak akan terkena tetesan air atau debu dari dinding pada saat Anda sedang membersihkan tembok.

Seluruh hiasan dinding sebaiknya juga dilepas saat sedang membersihkan tembok. Simpan ditempat yang lebih aman atau ruangan lain. Jangan pasang hiasan dinding sebelum proses pembersihan selesai atau tembok mengering.

Pastikan Lantai Aman

Selain furnitur, Anda juga harus mengamankan area lantai. Anda bisa menutup bagian lantai yang berbatasan langsung dengan tembok. Gunakan bahan seperti koran bekas atau plastik besar. Ini untuk melindungi lantai dari tetesan bahan kimia yang bisa menimbulkan noda di lantai.

Perhatikan Tingkat Keparahan Noda

Jika noda yang ditinggalkan pada tembok membandel dan sulit dihilangkan, opsi Anda sebaiknya mengecat ulang. Pasalnya, membersihkan noda yang sulit dibersihkan akan membuang-buang waktu. Noda yang sulit dihilangkan seperti lumut dan jamur dapat menyebabkan cat tembok memiliki noda yang parah.

WhatsApp chat