Persiapkan Sebelum Sewa Rumah

Persiapkan Sebelum Sewa Rumah – Banyak orang yang belum memiliki tempat tinggal, mereka menyewa rumah terlebih dahulu sambil menabung untuk membeli rumah permanen. Sewa rumah berbeda dengan kamar kost, anda akan sangat bebas menafaatkan semua bagian rumah tanpa harus berbagi dengan orang lain. Tapi sebelum menyewa rumah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Apa saja ya kira-kira? Nah simak yuk artikel berikut ini.

Persiapkan Biaya Sewa Rumah

Terdapat dua opsi umum terkait pembayaran sewa rumah, yakni pembayaran bulanan dan tahunan di mana masing-masingnya bisa disesuaikan menurut kemampuan dan kebutuhan. Khusus anda yang ingin menyewa rumah dalam jangka pendek, lebih baik memilih rumah dengan sistem pembayaran sewa bulanan, sedangkan untuk jangka panjang, sebaiknya memilih opsi pembayaran sewa rumah tahunan karena kalkulasi biayanya bisa jauh lebih ekonomis.

Sesuaikan Lokasi Sewa Rumah dengan Kebutuhan

Hal lain yang perlu diperhatikan, jangan memilih untuk sewa rumah hanya karena tergiur dengan desain arsitektur rumah yang ditawarkan. Alangkah baiknya, anda mengetahui detail lokasi rumah dan menyesuaikannya menurut aktivitas yang rutin anda lakukan, seperti jarak ke kantor, kampus, sekolah atau fasilitas umum.

Jika ternyata anda sewa rumah lalu tidak strategis sesuai keperluan, akhirnya hanya akan menambah biaya transportasi sehari-harinya. Agar dapat sewa rumah yang strategis, anda bisa memanfaatkan jasa broker yang akan mencarikan anda lokasi rumah yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Periksa Rumah dengan Teliti

Jika anda sudah menemukan kandidat hunian yang pas, langkah selanjutnya adalah memeriksa kelayakan rumah dengan teliti. Anda harus memperhatikan tampilan arsitektur hunian seperti kontruksi bangunan, termasuk memperhatikan kondisi interior hunian.

Jika saat inspeksi sebelum sewa rumah, anda menemukan dinding retak, jendela rusak, atap bocor ataupun saluran air yang mampet, segera hubungi pihak penyewa sebelum menandatangi kontrak sewa rumah supaya tak terjadi salah paham di kemudian hari.

Pahami Surat Kontrak Sewa Rumah

Idealnya, perjanjian sewa rumah diperlukan kontrak resmi supaya proses serah terima bisa dilakukan secara profesional dan tidak merugikan pihak penyewa atau pemilik properti. Nah, jika anda mendapatkan surat kontrak sewa rumah, pastikan anda sudah membaca isi kontrak secara cermat dan memahami sejumlah poin penting seperti tanggal akhir sewa rumah, kenaikan biaya sewa rumah, biaya tambahan serta apa saja larangan yang diberlakukan saat tinggal di hunian sewaan. Tentu, hal ini harus anda pahami sejak awal untuk meminimalisir kerugian yang mungkin timbul di kemudian hari.

Dekorasi Hunian Sewaan

Meskipun anda tinggal di hunian sewaan, namun tak ada alasan untuk tidak memberikan sentuhan personal pada hunian yang akan anda tempati. Walaupun tak bisa mengubah desain bangunan secara permanen, anda tetap bisa mempercantik ruangan dengan menambahkan dekorasi rumah yang bersifat sementara.

Mulai dari menata lukisan yang dimiliki, menempatkan karpet di tengah ruang tamu, hingga menambahkan tanaman hias dalam pot dapat mengubah suasana menjadi lebih nyaman.

WhatsApp chat