PILIH WALLPAPER ATAU CAT DINDING?

Arsitek Indo Kontraktor – Pewarnaan pada dinding tidak hanya menggunakan cat saja. Saat ini sudah tersedia berbagai macam wallpaper dinding yang tidak kalah bagusnya. Dari berbagai motif, warna dan pilihan kadang membuat kita bingung. Mending pilih wallpaper atau cat dinding saja?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan kedua pelapis dinding ini.

1. Proses Aplikasi

Cat atau Wallpaper

Cat atau Wallpaper

Pemasangan wallpaper jelas jadi juaranya. Sehari saja sudah bisa menutupi satu ruangan kamar berukuran 4m x 4m. Sementara, proses pengecatan cat lebih memakan waktu, karena terdiri dari beberapa lapisan, seperti cat dasar yang harus ditunggu sampai kering. Setelah itu, baru dilakukan proses pengecatan sesuai dengan warna yang kamu inginkan.

2. Ragam jenisnya

Cat atau Wallpaper

teddy-widhi.blogspot.com

Jika dilihat dari segi keindahan, wallpaper dan cat memiliki keunggulan masing-masing.

Wallpaper hadir dalam beragam motif yang mampu membuat tampilan dinding ruangan menjadi lebih hidup. Secara motif, wallpaper jauh lebih unggul dibanding dengan cat.

Kendati demikian, keanekaragaman warna cat tetap menjadi pilihan nomor satu bagi pemilik rumah. Apalagi, jika ingin menampilkan berbagai tampilan warna polos. Cat akan menjadi pilihan utama.

3. Daya Tahan

Cat atau Wallpaper?
Daya tahan wallpaper dan cat bergantung pada kualitasnya.
Ketahanan wallpaper dan cat dinding tergantung pada kualitas dan kondisi dinding itu sendiri.

Jika menyangkut tentang kelembapan dinding, cat lebih tahan lama dibanding wallpaper. Tetapi, wallpaper mampu menutupi kekurangan dinding terutama dari retak rambut.

4. Cara Merawat

Sepia toned image of a feather broom and bucket in front of retro wallpaper

Beberapa cat merek tertentu, tak memerlukan perawatan khusus. Jika terkena kotoran, cara membersihkannya pun mudah. Caranya cukup diusap dengan spons basah dan noda dapat menghilang. Jika tak berhasil, baru dilakukan pengecatan ulang. Ingat, Untuk wallpaper yang bernoda, kamu bisa membersihkannya dengan busa lembut. Kamu harus lebih pelan-pelan membersihkan dan jangan sampai terlalu banyak air. Hal ini dikarenakan wallpaper rentan sobek atau rusak. Jika tak bisa dibersihkan, cara lainnya adalah mengganti wallpaper-nya.

5. Harga

Cat atay Wallpaper

Harga relatif tergantung dari merek, kuantitas, dan kualitas material yang digunakan. Untuk biaya pembelian dan pemasangan, wallpaper lebih mahal. Jika menggunakan cat, kita bisa meminimalisir anggaran tetapi jika menggunakan wallpaper kita butuh tenang yang biasa memasangnya.

Jadi, pilih cat atau wallpaper? (*)

WhatsApp chat