Plus Minus Atap Fiber

Plus Minus Atap Fiber – Dengan adanya atap, bangunan akan terlindungi dari berbagai macam cuaca. Maka dari itu atap merupakan salah satu elemen yang penting. Dari berbagai macam jenis atap, salah satunya adalah atap fiber. Kira-kira seperti apa plus minus nya? Simak saja yuk artikel kami berikut ini!

Apa Itu Atap Fiber?

Atap fiber pada dasarnya dibuat menggunakan material berupa serat sintetis yang terdiri dari sejumlah bahan kimia dan diolah melewati serangkaian proses pabrikasi sehingga menjadi sebuah lembaran atap. Ketimbang jenis atap rumah lain seperti asbes, atap dari fiber jauh lebih aman untuk digunakan, tidak berbahaya dan memiliki durabilitas yang prima terhadap berbagai macam kondisi cuaca sehingga sangat cocok digunakan di hunian yang berada di iklim tropis seperti di Indonesia.

Kelebihan Atap Fiber

Solusi Pengganti Kaca

Atap fiber merupakan solusi praktis untuk kamu yang ingin menggunakan atap transparan di hunian. Kamu bisa menggunakan atap dari fiber pada sejumlah spot di hunian, seperti gazebo, area luar rumah, sebagai kanopi pada garasi luar, area untuk menjemur, area tanaman, serta area lain di hunian yang memerlukan pencahayaan matahari secara langsung.

Instalasi Cepat dan Praktis

Jika dibandingkan dengan atap jenis kaca, atap fiber jauh lebih cepat dan praktis dalam pemasangannya. Jika kaca memiliki ukuran yang sangat berat dan berisiko membahayakan penghuni rumah saat dipasang pada penopang yang kurang sempurna, atap dari fiber memiliki bobot yang lebih ringan sehingga sangat aman untuk dipasang pada berbagai bentuk penopang.

Terdiri dari Model Gelombang dan Rata

Atap fiber terdiri dari dua macam model, yakni bergelombang dan rata. Masing-masing varian atap tersebut dapat dipilih sesuai konsep hunian kamu. Namun, jika kamu memerlukan atap yang dapat mengalirkan air hujan secara maksimal, disarankan untuk memilih atap fiber dengan model gelombang.

Antibising, Antibocor dan Antikarat

Kelebihan lainnya, atap fiber juga tidak menimbulkan suara bising sehingga suasana hunian tetap tenang meskipun tengah turun hujan. Selain itu, atap fiber pun bersifat antikarat dan antibocor sehingga dapat melindungi hunian kamu secara maksimal.

Membuat Ruangan Tetap Sejuk

Meskipun atap fiber dapat difungsikan sebagai akses masuk pencahayaan alami, ia dapat memantulkan panas matahari sehingga ruangan yang berada di naungannya tetap terasa sejuk dan nyaman. Supaya lebih tahan lama, kamu pun bisa memilih atap fiber yang telah dilindungi lapisan anti-UV khusus yang jauh lebih awet dan tidak mudah rusak.

Kekurangan Atap Fiber

Bersifat Kaku dan Warna Cepat Luntur

Sayangnya, atap fiber memiliki sejumlah kekurangan. Pertama, ia memiliki karakter yang cenderung kaku sehingga cukup sulit untuk dibentuk dan dalam berbagai macam desain atap rumah. Selain itu, atap fiber yang telah dilapisi warna cenderung cepat luntur karena sifatnya yang tidak memiliki pori-pori.

Dijual dalam bentuk lembaran dengan banderol cukup ekonomis, atap fiber sangat ideal untuk difungsikan sebagai atap transparan di area properti hunian yang tidak memerlukan keamanan khusus.

WhatsApp chat