Plus Minus Counter Kitchen

Plus Minus Counter Kitchen – Dapur counter merupakan sebuah furniture yang berbentuk seperti meja yang membatasi antara area memasak dengan meja makan. Sebelum berencana akan menerapkan dapur counter pada dapur rumah anda, ketahui terlebih dahulu keuntungan dan kekurangannya pada artikel berikut ini.

Keuntungan Dapur Counter

  1. Dapur bisa menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga

Meja tengah dapur bisa berfungsi sebagai pembatas antara dapur dan ruang makan. Sedangkan ruang yang tersisa bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga. Anda bisa memasak sambil menonton televisi, atau melihat-lihat pemandangan dari jendela. Hati-hati ya, jangan sampai masakan Anda gosong karena terlalu asyik menonton televisi.

  1. Memperkuat kekeluargaan

Partisi antara dapur dan ruang makan bukan hanya menggantikan fungsi dinding, tapi bisa juga mempererat jalinan kekeluargaan. Dinding mengakibatkan komunikasi antar anggota keluarga yang ada d dapur, ruang keluarga dan ruang makan jadi terbatas. Dapur counter akan memudahkan Anda berinteraksi sambil memasak, atau melakukan aktivitas lainnya.

  1. Memperlancar mobilitas

Membawa piring, gelas dan makanan dari dan ke meja makan akan lebih mudah. Apalagi jika meja tengah dapur berbentuk seperti gambar. Piring kotor bisa langsung diletakkan di bak cuci piring tanpa mengitari meja dapur. Lebih mudah lagi jika hanya ada dua orang yang makan bersama. Mereka bisa duduk di depan meja tengah dapur dan langsung meletakkan piring kotor tanpa berdiri.

  1. Ideal untuk masak bersama

Masak bersama pasangan, kerabat atau teman-teman pasti seru. Pengaturan letak kompor, bak cuci piring dan kulkas yang atraktif dan efisien membuat aktivitas memasak lebih leluasa, baik saat memasak seorang diri atau masak bersama.

Kekurangan Dapur Counter

  1. Harus sering cuci piring

Meski menarik, dapur counter juga memiliki beberapa kekurangan. Tiadanya dinding antara ruang makan dan ruang tamu/ ruang keluarga, siapa saja bisa melihat ‘isi’ dapur. Termasuk noda minyak, sisa sayuran, dan piring kotor yang menumpuk di bak cuci.

Solusinya, gunakan mesin pencuci piring (dishwasher) bila Anda dan anggota keluarga tidak hobi cuci piring. Anda bisa memasukkan semua piring kotor dalam dishwasher dan mencucinya kalau sempat. Peralatan masak yang kotor juga harus segera dicuci, jika Anda ingin dapur terlihat rapi setiap saat. Masukkan semua ke lemari dapur jika tidak digunakan.

  1. Asap dan bau menyebar ke dalam rumah

Kekurangan lainnya adalah, asap dan aneka macam bau bisa menyebar ke dalam rumah. Ketika Anda menumis atau menggoreng cabe, asapnya bisa membuat seisi rumah bersin-bersin. Membangun dinding antara dapur dan ruang makan/ ruang tamu memang bisa jadi solusi. Tapi, kita jadi kehilangan suasana akrab dapur ruang terbuka. Selalu nyalakan kipas angin penyedot asap atau buka jendela lebar-lebar saat memasak, agar asap dan bau tidak mengganggu pernafasan.

 

WhatsApp chat