Plus Minus Dinding Batu Bata Ekspos

Plus Minus Dinding Batu Bata Ekspos – Menghadirkan sentuhan unik pada rumah, dengan menerapkan dinding bata bata yang terekspos. Selain unik ternyata juga dapat menghemat biaya. Ingin menerapkannya pada rumah baru anda? Ketahui terlebih dahulu plus minus dari dinding batu bata yang terekspos serta bagaimana cara perawatannya. Seperti apa ya? Mari simak bersama yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Ekspos

Kelebihan Batu Ekspos

  • Jauh lebih hemat karena tidak perlu melakukan proses pengecatan hingga plester
  • Bisa memberikan kesan klasik hingga rustic modern
  • Memberikan kesan hangat pada sebuah ruangan

Poin pertama tentu sangat menarik, ya?

Siapa yang tidak ingin sesuatu yang hemat? Anda juga pasti mau kan? Bayangkan saja memiliki tampilan rumah unik hanya dengan cara yang hemat.

Meskipun hemat dan memberikan tampilan yang sangat unik, ternyata dinding batu bata ekspos ini memilik banyak kekurangan.

Kekurangan Batu Ekspos

  • Jauh lebih rentan terkena lambap karena tidak memiliki lapisan pelindung lainnya
  • Sangat berisiko menyebarkan debu dan suara bising
  • Sulit saat dipasang hiasan dinding
  • Memerlukan biaya yang cukup besar ketika memasangnya karena harus dilakukan oleh tukang bangunan berpengalaman

Sebenarnya kekurangan ini bisa diminimalisir jika rumah Anda tidak berada di kawasan yang lembap. Khusus untuk hiasan dinding, Anda juga bisa menyimpannya pada bagian atas meja.

Ketika ingin memiliki dinding batu bata ekspos, tentu akan lebih baik jika dibangun sejak awal. Jika rumah sudah jadi, sebaiknya bagian dinding dihancurkan terlebih dahulu dan dibangun ulang.

Perawatan Tepat Dinding Batu Bata Ekspos

Sudah memiliki dinding batu ekspos di rumah? Tentu Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Perlu dilakukan perawatan agar dinding tetap awet. Coba bayangkan saja jika dinding batu bata ekspos rusak. Perbaikannya akan sangat sulit, bukan? Perlu Anda ketahui bahwa perawatan dinding batu bata ekspos ini cukup sulit jika dibandingkan dengan perawatan dinding biasa.

Nah, perawatan dinding batu bata ekspos ini pun beragam. Ini dia rincian perawatannya:

  1. Melakukan Pengecatan

Cara yang satu ini memang tergolong umum dilakukan oleh pemilik dinding batu bata ekspos. Tujuannya? Tentu untuk membuat warna dari batu bata terlihat lebih mencolok. Pemilihan warnanya sendiri bisa disesuaikan dengan konsep interior ruangan.

Ada beberapa pilihan warna untuk dinding batu bata ekspos, yaitu coklat, putih, dan merah kehitaman. Ingin terlihat lebih alami? Cukup gunakan cat pelapis khusus batu bata ekspos. Bukan hanya bisa menghadirkan warna yang lebih menarik, proses pengecatan pada dinding batu bata ekspos juga dapat memberikan perlindungan pada permukaan dinding.

  1. Menggunakan Pelapis Sealer

Nah, perawatan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin menggunakan cat pada dinding batu bata ekspos. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sealer merupakan pelapis khusus untuk dinding batu bata ekspos. Fungsinya sendiri dapat melindungi permukaan dinding dari debu dan lembap.

Penggunaan sealer sendiri sebenarnya sangat diperlukan karena dinding batu bata ekspos yang tidak terlapisi apapun tentu lebih rentan. Ingin tampilan batu bata ekspos terlihat lebih modern? Cukup pilih sealer yang berkilap, biasanya sealer dengan glossy-finish-look.

Perbedaannya dengan sealer yang tidak berkilap atau glossy hanya ada pada bagian tampilannya. Sealer yang tidak glossy tentunya akan memberikan tampilan yang lebih natural.

Satu hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan sealer:

Permukaan dinding harus dibersihkan terlebih dahulu.

Tidak perlu menyiapkan bahan yang sulit karena Anda hanya membutuhkan cuka dan air bersih.

Caranya?

Anda hanya perlu membuat larutan air dan cuka.

Campurkan keduanya dan semprotkan ke semua bagian dinding yang ingin dibersihkan.

Ingat! Cukup sedikit saja, jangan sampai permukaan dinding terlalu basah. Selanjutnya, lap permukaan dinding menggunakan handuk bersih.

Takut permukaan dinding menjadi rusak?

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu pada bagian dinding yang kurang terlihat.

  1. Berikan Sentuhan Berbeda Pada Nat

Seperti yang kita tahu bahwa nat memiliki fungsi untuk menghalau agar air agar tidak masuk ke bagian sela-sela. Nah, sebaiknya gunakan juga nat pada bagian sela-sela dinding batu bata ekspos. Adanya nat pada bagian dinding dapat membantu untuk melindungi dari kelembapan.

Supaya tampilannya lebih menarik, Anda bisa memberikan warna pada bagian nat. Pastikan warnanya ini berbeda dengan warna batu bata, namun masih sesuai. Adanya perbedaan warna pada bagian nat akan membuat tampilan dinding batu bata ekspos terlihat lebih indah.

 

WhatsApp chat