Plus Minus Kayu Palet

Plus Minus Kayu Palet – Berencana mendekorasi rumah menggunakan bekas kayu palet yang sudah tidak terpakai? Mendekorasi rumah menggunakan barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai merupakan ide yang cemerlang. Namun, sebelum itu perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kayu palet. Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangannya? Mari simak ulasan berikut.

 

Kelebihan yang ditawarkan kayu Jati Belanda

  1. Harga yang lebih murah

Pinus cenderung tumbuh lebih cepat ketimbang pohon lainnya. Ditambah, pinus juga tak melihat musim dan tempat untuk tumbuh. Maka dari itu, harga pasaran Jati Belanda lebih murah dibandingkan kayu lain.

  1. Warna yang mudah dikombinasikan dengan warna lain

Warna Jati Belanda terbilang muda dan natural, sehingga mudah untuk dikombinasikan dengan furniture aneka warna. Apabila kamu belum punya konsep desain interior, membeli Jati Belanda adalah opsi yang aman.

  1. Memiliki bobot lebih ringan

Dibandingkan kayu lain, Jati Belanda punya bobot yang lebih ringan. Hal ini bisa sangat membantumu ketika memindahkan furniture dari satu tempat ke tempat lainnya. Sangat cocok untukmu yang gemar mengubah tampilan ruangan.

  1. Tahan akan goncangan

Kayu pinus Jati Belanda juga tahan akan goncangan dan resisten terhadap benturan. Dengan begitu, furniture yang terbuat dari Jati Belanda akan minim kerusakan.

  1. Ramah lingkungan

Banyak orang yang menghentikan penggunaan kayu untuk perabotan rumah tangga dengan alasan menjaga lingkungan. Memang, untuk beberapa kayu, keberadaannya sudah mulai menipis sehingga manusia harus beralih ke opsi lain.

Namun untuk pohon pinus, pohon yang ditebang bisa dengan cepat digantikan dengan pohon lain yang tumbuh. Lantaran tumbuh dengan baik, penebangan pohon pinus tak signifikan dampaknya terhadap habitat alami.

  1. Tahan terhadap penyusutan dan pembengkakan

Setiap kayu akan menyusut atau membengkak seiring berjalannya waktu akibat kelembaban dan suhu. Beruntung, Jati Belanda mampu mempertahankan bentuk aslinya dalam waktu lama. Sebab kadar penyusutan maupun pembengkakannya sangat minim.

Kelemahan dari kayu Jati Belanda

Setiap hal tentu memiliki sisi positif dan negatifnya, begitu juga pada Jati Belanda. Di balik keunggulannya di atas, ia juga memiliki sejumlah kelemahan yang patut kamu pertimbangkan:

  1. Kandungan getah sangat tinggi

Jati Belanda memiliki kandungan getah atau minyak yang tinggi. Dalam proses finishing, getah yang belum kering membuatnya tak bisa menempel dengan sempurna. Pastikan Jati Belanda sudah kering dengan maksimal agar hasilnya sempurna.

  1. Butuh perawatan ekstra

Harganya memang murah, tapi jangan lupakan perawatan dari Jati Belanda. Kayu satu ini membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kayu pohon lainnya.

Apabila kamu tipe orang yang sangat peduli dengan tampilan ruangan, maka furniture dari Jati Belanda harus sering-sering dipoles ulang.

  1. Sambungan yang berlebihan bisa membentuk lubang

Sambungan-sambungan antar kayu yang berlebihan bisa menimbulkan lubang pada furniture. Untuk itu,penting menemukan produsen dengan hasil karya yang sudah terbukti agar kamu tak menyesal.

 

WhatsApp chat