Plus Minus Memakai Keramik Dinding

Plus Minus Memakai Keramik Dinding – Jika ingin menampilkan dinding yang bermotif anda juga bisa menggunakan keramik, tak melulu harus menggunakan wallpaper. Memang pada umumnya keramik ini digunakan untuk lantai, tapi banyak juga orang yang sudah menggunakan keramik untuk dinding rumah mereka. Namun, apa plus minus dari pemakaian keramik dinding ini? Simak ulasan kami dibawah ini.

Kelebihan Keramik Dinding

  • Tahan lama

Berbeda dengan cat dan wallpaper, keramik dinding tidak akan lembab, memudar dan menguning karena rembesan air. Sifat materialnya yang kokoh membuatnya lebih tahan lama.

  • Mudah Dibersihkan

Membayangkan cat yang kotor akibat tangan-tangan jahil atau wallpaper yang tidak sengaja tercoret tentu sangat menyebalkan. Namun tidak dengan keramik dinding yang bersifat spotless dan mudah dibersihkan. Cukup gunakan lap basah untuk membersihkan debu yang menempel.

  • Tidak Perlu Melakukan Pengacian

Pengaplikasian keramik dinding akan menghemat waktu dan uang untuk proses pengacian yang mana menggunakan banyak semen dalam prosesnya.

  • Dapat Mengeksplor Banyak Motif

Teknik tiling yang digunakan pada pengaplikasian keramik dinding akan menjadi proses yang seru di mana anda dapat berkreasi dengan berbagai motif, sesuai dengan imajinasi dan ambience yang ingin dibangun.

Kekurangan Keramik Dinding

  • Lebih Mahal

Harga untuk keramik dinding per meter persegi berkisar dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung kualitas. Bila ingin menggunakan keramik pada dinding, berarti biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 2-3 kali lebih mahal dibandingkan melapisi dinding dengan wallpaper atau cat.

  • Keahlian Khusus

Pemasangan keramik pada dinding terbilang lebih sulit karena bidang yang dipasang tegak lurus dari lantai, sehingga perlu ketelitian dan keahlian dalam pengerjaannya agar keramik dapat terpasang lurus dan rata. Hal ini juga mengakibatkan biaya yang dikeluarkan untuk tukang lebih banyak karena waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Teknik lain dalam memasang keramik dinding adalah dengan model mosaik. Untuk membentuk mosaik, pemasangan keramik memperhatikan permainan warna gelap dan terang, membentuk pola yang sama dan akhirnya membentuk rangkaian atau gambar tertentu. Untuk membuat mosaik harus didesain dulu bagaimana tampilan yang ingin dihasilkan. Tentunya pemasangan mosaik pun membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

 

WhatsApp chat