Plus Minus Sumur Bor dan PDAM

Plus Minus Sumur Bor dan PDAM – Bagi anda berencana membangun rumah, pasti akan dihadapkan dengan pilihan antara melakukan pengeboran sumur air atau melakukan pemasangan saluran air PDAM. Nah, berikut ini kami akan memberikan ulasan mengenai plus minus dari sumur bor dan PDAM. Mari simak bersama yuk!

 

  1. Biaya

Pembuatan sumur bor mungkin memerlukan biaya awal yang tinggi, namun biaya yang terus berlanjut, biaya listrik untuk memompa air dan pemeliharaan sistem, bisa lebih rendah.

Pemasangan saluran dari PDAM  juga mungkin memerlukan biaya awal yang tinggi, namun seringkali kurang dari pengeboran sumur namun biaya bulanan berikutnya untuk layanan air dapat meningkat dengan cepat jika sejumlah besar air digunakan.

Pertimbangan penting lainnya adalah Penggunaan air PDAM tergantung pemakaian airnya, semakin banyak air yang digunakan semakin tinggi juga pembayaran yang harus dilakukan.

  1. Resiko

Pembuatan  sumur di banyak tempat bisa berisiko. Tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan kualitas air yang cukup baik, perbedaan formasi tanah pada tiap-tiap daerah berbeda beda ini jelas mempengaruhi kwalitas air dimasing-masing daerah tersebut.

Pemasangan PDAM  pada dasarnya untuk mendapatkan air dengan kwalitas yang lebih baik tetapi untuk wilayah perkotaan yg padat penduduknya dan padatnya saluran PDAM sering kali terjadi kekurangan pasokan air.

  1. Pemeliharaan

Bila Anda memiliki sumur, perawatan dan biaya perawatan Anda sendiri adalah tanggung jawab Anda. Ini bisa merepotkan,  dan mahal jika terjadi masalah pompa, listrik, atau perpipaan.

Pemasangan PDAM  tidak memerlukan perawatan yang khusus tetapi terbatasnya air pasokan yang menjadi kendalany. Selain itu, kemungkinan besar Anda akan tetap memiliki layanan air bahkan saat listrik padam di wilayah anda.

  1. Ketersediaan

Di beberapa wilayah ketersediaan air yang terbatas, dan daftar tunggu yang panjang memaksa pelamar menunggu bertahun-tahun untuk melakukan pendaftaran ke PDAM.

Dalam kasus tersebut, Pengeboran Sumur bor bisa menjadi alternatif yang bagus jika air tanah daerah tersebut  memadai,  tersedia dalam kedalaman pengeboran yang bagus untuk kebutuhan rumah tangga.

Di tempat lain, tidak ada air tanah yang memadai, Pemasangan saluran PDAM mungkin satu-satunya alternatif.

Semoga artikel kami diatas dapat membantu anda menentukan pilihan antara pemasangan sumur bor atau pemasangan saluran air PDAM. Dan jangan lupa sesuaikan dengan budget anda!

WhatsApp chat