Pondasi Rumah Amblas?

Pondasi Rumah Amblas? – Pernahkah anda mendengar kasus pondasi rumah amblas? Ternyata hal ini banyak terjadi di kota-kota besar maupun di daerah pinggiran. Lalu bagaimana y acara menghadapinya? Mari simak saja ulasan kami berikut ini.

Penyebabnya

Fenomena ini terjadi karena pondasi yang amblas atau rusak. Ada banyak penyebab fenomena ini, mulai dari keadaan tanahnya yang memang tidak stabil, goncangan kendaraan berat lalu-lalang disekitar rumah yang dapat mempengaruhi struktur tanah, atau juga bisa jadi karena kesalahan saat merancang pondasi pada awal pembangunan rumah Anda.

Pondasi adalah akar dari rumah Anda. Sebagaimana pohon besar, jika akarnya tidak sanggup menopang beban tubuhnya maka pohon tersebut akan mudah roboh. Begitu juga dengan rumah Anda. Sejak pertama kali dibangun, pondasi rumah haruslah benar-benar dibuat dengan seksama dan dengan perhitungan yang cermat. Semua yang ada pada rumah Anda ditopang oleh pondasi, karenanya Anda harus memastikan pondasi yang kuat untuk membangun rumah yang kuat pula. Oleh karenanya, jangan pernah menganggap remeh pembuatan pondasi rumah karena hal tersebut sangat mempengaruhi keseluruhan struktur bangunan rumah Anda nantinya.

Dan apapun alasannya, jika sampai pondasi rumah Anda amblas hal ini tidak bisa dibiarkan. Dengan menurunnya ketinggian rumah ini merupakan tanda bahwa kondisi pondasi Anda sudah tidak sekuat dulu lagi. Ini adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan mengingat kesehatan pondasi Anda mempengaruhi keseluruhan struktur bangunan rumah. Anda tidak mau kan apabila tahu-tahu banguan rumah Anda roboh karena pondasinya yang sudah tidak stabil. Selain resiko kerugian material, keselamatan keluarga Anda juga sangat dipertaruhkan disini.

Cara Mengahadapinya

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya Anda meminta bantuan para ahli untuk memeriksa kondisi pondasi dan jika memungkinkan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Langkah ini sebaiknya Anda lakukan dengan cepat karena semakin cepat tindakan yang diambil maka resiko pun akan semakin berkurang. Dan selama proses pemeriksaan dan perbaikan dilakukan, ada baiknya Anda melakukan berbagai tindakan pencegahan termasuk mengungsikan keluarga Anda ke rumah saudara atau kerabat terdekat sementara.

Salah memilih lokasi rumah juga sangat menentukan kekuatan pondasi rumah Anda. Menurut para ahli, tanah yang merupakan bekas rawa atau berdekatan dengan daerah perairan seperti danau sangat rentan bergeser atau berubah. Sebaiknya Anda jangan membeli atau membangun rumah di daerah-daerah tersebut. Selain itu, rumah terletak di pinggir jalan raya utama yang sering dilalui truk-truk besar dan berat juga rentan rusak pondasinya karena getaran dari kendaraan tersebut sepanjang waktu. Namun jika Anda tidak punya pilihan lain selain membangun rumah di daerah-daerah tersebut, pastikan Anda membuat pondasi yang benar-benar kokoh dan kuat, serta alas penopang yang lebih lebar untuk meminimalisir resiko pondasi amblas.

 

WhatsApp chat