Posisi Pintu Rumah Berdasarkan Fengshui

Posisi Pintu Rumah Berdasarkan Fengshui – Masyarakat Tionghoa percaya bahwa posisi pintu rumah menurut fengshui berkaitan dengan sumber masuknya rejeki dan berkah. Jika anda percaya akan hal ini, mungkin artikel berikut ini bisa anda jadikan masukan. Selamat menyimak!

 

Posisi Bukaan Menurut Fengshui Pintu Rumah

  1. Pintu rumah harus terbuka ke arah dalam

Pintu rumah yang terbuka ke arah dalam rumah mendakan kesan ramah dan mengundang, lalu menarik energi Chi ke dalam rumah bukan menghadangnya. Sebaliknya, jika pintu rumah terbuka ke arah luar, sebaiknya gantilah posisi engselnya. Pintu rumah yang terbuka ke arah luar justru malah dapat merusak fengshui dari keseluruhan rumah, lho.

  1. Pintu rumah yang baik terbuka dengan leluasa

Apakah pintu rumah Anda dapat terbuka seluruhnya dengan mudah ataukah terhalangi sesuatu di baliknya? Barang-barang di balik pintu seperti keranjang sampah atau pot tanaman justru tidak akan mengundang energi Chi berkah dan kekayaan ke dalam rumah. Pintu rumah yang tidak terbuka sepenuhnya membuat energi Chi mentok dan memungkinkan banyak kesempatan tidak terbuka untuk Anda.

  1. Apakah pintu rumah menghadap serambi kecil?

Jika jawaban pertanyaan ini adalah benar, kemungkinan besar terdapat tembok penghalang di sebrang pintu rumah Anda. Padahal, tembok tersebut sangat tidak direkomendasikan oleh fengshui karena dapat menghalangi aliran energi yang masuk ke dalam rumah. Cara termudah untuk menyiasatinya adalah dengan memasang cermin agar membuat tampilan serambi kecil tampak lebih luas secara visual. Namun pastikan penempatan cerminnya tidak langsung menghadap ke pintu ya!

Pintu Adalah Gerbang Rejeki, Jadi Buatlah Sebaik Mungkin

  • Pintu rumah yang baik jangan terlalu besar atau terlalu kecil

Jika diperhatikan, banyak sekali rumah besar dengan pintu rumah yang kecil dan sebaliknya ada juga rumah berukuran kecil namun pintunya terlalu besar. Padahal, menurut fengshui pintu rumah, sebaiknya ukuran pintu rumah disesuaikan dengan ukuran rumah dan dibuat secara proporsional.

Pintu rumah yang terlalu kecil akan menghambat sirkulasi energi dan sebaliknya pintu yang terlalu besar akan menarik energi berlebih dari yang dibutuhkan di dalam rumah. Hal penting lainnya selain ukuran pintu rumah yang proporsional adalah memastikan bahwa sirkulasi energi tidak terhambat ketika memasuki rumah, seperti oleh tangga misalnya.

  • Pintu rumah yang baik harus tampil sebaik mungkin

Sesuai fungsinya, pintu rumah adalah gerbangnya energi Chi yang menarik berkah dan kekayaan ke dalam rumah, maka tampilannya pun harus sebaik mungkin. Artinya, pintu rumah harus dibuat dari bahan terbaik, dengan desain yang terbaik pula, tanpa ada aksesori aneh, tampilan ganjil, atau kenop pintu berkarat. Selain itu, pintu rumah utama harus berukuran lebih besar dari pintu lainnya!

  • Pintu rumah yang baik harus cukup tinggi

Cara termudah untuk memastikan hal ini adalah dengan memastikan bahwa anggota keluarga dengan ukuran badan tertinggi dapat melewati pintu dengan mudah. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa ada jarak yang cukup luas antara pintu rumah dengan atap. Menurut fengshui, rumah beratap rendah dengan ujung atas pintu menyentuh bagian atap akan menghambat energi Chi dan kurang baik bagi keberuntungan rumah.

Pilihan Warna Pintu Ala Fengshui Pintu Rumah

Fengshui pintu rumah memang berkaitan dengan segala elemen yang mengikatnya, seperti ukuran pintu, posisi pintu, termasuk juga warnanya.

Jika ingin energi Chi dan elemen fengshui rumah Anda lebih optimal, maka Anda wajib mengaplikasikan warna-warna berikut ini pada pintu rumah Anda.

Pilihan warna-warna berikut ini didasarkan pada arah hadap pintu rumah Anda, misalnya:

  • Pintu menghadap ke selatan wajib menggunakan warna merah
  • Pintu menghadap ke utara wajib menggunakan warna biru gelap atau hitam
  • Pintu menghadap ke timur atau tenggara wajib menggunakan warna alami kayu
  • Pintu menghadap ke barat dan barat laut wajib menggunakan warna oker atau kuning
  • Pintu menghadap ke barat daya dan timur laut wajib menggunakan warna putih
WhatsApp chat