Ruang Baca Nyaman Dengan Tips Ini

Ruang Baca Nyaman Dengan Tips Ini – Memanfaatkan waktu senggang bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan membaca buku. Apalagi jika anda sangat menyukai buku, tentunya kegiatan membaca buku pasti sangat anda sukai. Maka dari itu, ruang baca harus anda desain senyaman mungkin. Kira-kira seperti apa tipsnya?

  1. Furniture Penunjang yang Ergonomis

Desain ruang baca memang identik dengan keberadaan furnitur-furnitur yang memfasilitasi kegiatannya, mulai dari area duduk yang nyaman, hingga lemari buku yang berukuran besar.

Namun, tak hanya asal meletakkan furnitur begitu saja, desain yang dipilihnya pun haruslah desain furnitur yang mampu menunjang kenyamanan dan kemudahan sang pengguna ruang saat ingin membaca. Pertimbangkan ukuran furnitur, apakah bisa membuat aktivitas membaca ini terasa lebih mudah dan praktis, ataukah justru mempersulit keadaan.

  1. Desain Ruang Baca Minimalis

Penggayaan ruang merupakan selera dan pilihan masing-masing individu. Namun, dalam kebutuhan-kebutuhan ruang tertentu, Anda harus memilih penggayaan yang akan memperlancar kegiatan tersebut, salah satunya aktivitas membaca.

Penerapan desain ruang baca minimalis yang minim profil, mengutamakan kesederhanaan bentuk, serta mengedepankan maksimalitas fungsi ruang, merupakan salah satu langkah tepat yang bisa Anda aplikasikan. Pasalnya, bentuk buku yang beragam, dengan karakter kegiatan yang membutuhkan ketenangan, membuat pengguna ruangan baca membutuhkan desain yang simpel, tidak terlalu padat dan ramai, namun fungsional.

  1. Sisa Area Sebagai Ruang Baca

Keberadaan ruang baca seringkali terabaikan dan luput dari perhatian. Pasalnya, membaca seringkali hanya dianggap sebagai hobi, yang tidak termasuk kebutuhan primer, sedangkan lahan hunian Anda sangat mungil.

Selain itu, banyak yang menganggap bahwa aktivitas membaca bisa dilakukan dimana saja. Hal ini memang ada benarnya, mengingat banyak orang yang membaca buku di kamar tidur, ruang keluarga, teras, atau bahkan kamar mandi. Padahal, adanya ruang baca bisa membantu mengorganisir koleksi buku Anda secara rapi.

Ternyata, ruang baca tak butuh lahan yang luas, kok! Anda bisa memanfaatkan lahan-lahan “sisa” pada rumah Anda yang biasanya tak terpakai, seperti area bawah tangga, area bordes, hingga area loteng (attic).

  1. Maksimalkan Pencahayaan Pada Ruang Baca

Salah satu faktor terpenting yang harus dipenuhi sebuah ruang baca adalah kualitas pencahayaan yang baik dan tepat, baik itu pencahayaan alami ataupun pencahayaan buatan. Hal ini disebabkan oleh keterkaitan yang erat antara hobi membaca dengan kesehatan mata. Lihat saja, kebanyakan orang yang hobi membaca sering diidentikkan dengan kacamata, bukan?

Semua itu dipengaruhi oleh pencahayaan dalam ruang baca tersebut. Pencahayaan ini pun tak hanya seputar penerapan jenis lampu yang tepat saja, tetapi juga perihal asupan pencahayaan alami yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya ruang baca diletakkan dekat dengan bukaan, agar bisa mendapatkan paparan cahaya alami di pagi hingga sore hari.

 

WhatsApp chat