Ruang Tamu Ala Famhouse

Ruang Tamu Ala Famhouse – Karena ruang tamu merupakan ruangan yang pertama kali dimasuki oleh para tamu, pastinya sang pemilik akan mendesain ruang tamu dengan sangat cantik. Nah, konsep farmhouse ini bisa juga anda terapkan pada ruang tamu di rumah anda. Selebihnya, mari simak saja yuk!

Apa itu Farmhouse?

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Farmhouse artinya rumah pertanian. Maksud dari Farmhouse ini adalah sebuah gaya desain ruangan yang terinspirasi dari atmosfir rumah dan lokasi pertanian yang ada di luar negeri, misalnya Amerika.

Farmhouse di luar negeri sendiri identik dengan sebuah bangunan rumah yang juga memiliki sebuah pertanian atau peternakan dekat rumahnya. Biasanya disekitar rumahnya pun terdapat tanah yang lapang entah itu tanah untuk beternak, hingga tanah pertanian seperti ladang gandum.

Suasana seperti ini membuat kehangatan semakin tercipta karena sangat dekat sekali dengan unsur pedesaan yang alami dan bebas dengan polusi. Kita bisa menerapkan konsep Farmhouse ini untuk membuat ruang tamu semakin hangat.

source: https://i.pinimg.com/

  • Membuat ruang tamu ala Farmhouse

Dengan membuat ruang tamu ala Farmhouse, kita akan mendapatkan kesan yang indah dengan atmosfir yang hangat. Ruang tamu ala Farmhouse dapat diaplikasikan pada ruangan yang kecil maupun ruangan yang besar. Hal ini karena gaya Farmhouse sangat cocok untuk setiap kondisi ruangan.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan gaya Farmhouse untuk bangunan rumah yang berlokasi di daerah tropis, dingin, dan juga hangat. Menerapkan gaya ini di area dingin seperti dataran tinggi justru akan memberikan keuntungan, karena akan membuat ruang semakin terkesan hangat.

Ruang tamu ala Farmhouse sebenarnya dapat dibuat dengan cara yang mudah karena desainnya pun cukup sederhana. Namun, kita juga masih bisa mengembangkan kreatifitas untuk semakin mempercantik ruangan yang akan kita buat.

  • Step by step membuat ruang tamu ala Farmhouse

Apa yang pertama kali harus kita lakukan untuk menciptakan gaya Farmhouse pada sebuah ruangan? Pertama – tama, kita bisa memulai dengan dinding.

Dinding ruangan berfungsi sebagai dasar dari setiap penempatan desain dan dekorasi ruang. Dalam hal ini, anda bisa memilih warna dasar putih polos pada dinding ruang tamu.

source: https://images.designtrends.com/

Selanjutnya, untuk bagian lantai anda bisa membuat lantai kayu. Lantai kayu bisa anda buat dengan menggunakan kayu sungguhan atau juga bisa menggunakan keramik biasa yang memiliki tekstur motif kayu atau pun menggunakan wood laminate flooring.

Setelah selesai dengan pemilihan warna dasar dinding dan lantai, kini kita beralih pada pemilihan furnitur dan elemen dekorasi lainnya. Untuk langit – langit, kita bisa tetap membiarkannya berwarna putih polos ataupun menambahkan efek – efek kayu diatasnya.

Kemudian, kita dapat meletakkan sebuah karpet berukuran sedang yang ditaruh sebagai alas meja tamu dan motif karpet yang dipilih sebaiknya adalah motif rustic atau motif yang kental dengan tema farmhouse. Biasanya warna yang dipilih adalah warna – warna netral.

  • Furnitur untuk membuat ruang tamu ala Farmhouse

Untuk furnitur nya, kita bisa mencoba menggunakan furnitur berwarna putih seperti sofa sudut putih ataupun kursi – kursi dari kayu yang juga berwarna putih. Intinya, furnitur kayu menjadi pilihan utama namun tidak wajib. Maksudnya, anda juga masih bisa mempadu padankannya dengan furnitur modern, seperti sofa.

source: https://i.pinimg.com/

Indonesia memang tidak membutuhkan sebuah tungku perapian karena Negara kita termasuk pada negara tropis yang tidak mengalami musim dingin bersalju. Namun, untuk menambahkan kesan yang lebih kental dengan gaya Farmhouse, kita bisa membuat sebuah tungku perapian yang terletak di salah satu sisi ruangan.

Berikutnya, jangan lupa menambahkan lampu gantung yang sesuai. Paling bagus jika lampu tersebut memiliki gaya yang klasik namun sederhana.

  • Manfaat memiliki ruangan yang bertema unik

Ide dekorasi ruangan yang bertema seperti Farmhouse adalah salah satu ide yang unik. Biasanya kita hanya membuat ruangan yang bertema minimalis saja ataupun tak menentukan tema apapun sama sekali.

Yang penting ruangan tersebut terlihat rapi dan bersih, menurut kita itu sudah cukup. Padahal, dengan memiliki ruangan bertema unik, kita bisa mendapat banyak manfaatnya.

Manfaat yang bisa kita dapat dengan membuat ruangan bertema unik adalah rasa keindahan yang semakin meningkat. Kemudian, saat orang berkunjung, mereka akan merasa takjub dan juga nyaman berada dirumah kita.

Selain itu, membuat ruang tamu ala Farmhouse misalnya, dapat membuat suasana rumah makin hangat. Kehangatan ini akan semakin terasa saat kita berada dalam sebuah acara kumpul keluarga atau teman dirumah. Dengan demikian, jangan ragu untuk menjadikan rumahmu sebagai istanamu.

 

 

WhatsApp chat