SEBELUM MEMBUAT BASEMENT DI RUMAH

Jasa Arsitek – Jika anda ingin membuat basement di rumah, tapi bingung hal yang perlu diperhatikan sebelum membuatnya. Membuat basement di rumah anda memiliki fungsi yang banyak. Selain bisa dijadikan gudang penyimpan barang, dalam membuat basement juga tidak boleh sembarangan loh. da beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat basement di rumah!

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Membuat Basement

  1. Perhatikan garis sepadan basement

Bsement

rawell.co.uk

Meski memiliki banyak fungsi, tetap saja ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membangun ruang bawah tanah. Perhatikan posisi garis sepadannya, jangan sampai mengganggu apa yang ada di dalam tanah, seperti pipa air atau jaringan telepon listrik.

  1. Bahan yang digunakan untuk dinding ruang bawah tanah

basement| dok. infoartweb.com

dok. infoartweb.com

Dinding pada ruang bawah tanah seharusnya dirancang secara kokoh dan kuat karena berfungsi sebagai penahan beban tekanan tanah dan air. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sheet pile yang terbuat dari baja atau beton dengan ketebalan amtara 15-17 cm.

  1. Kelembapan Ruang Bawah Tanah

Basement

uswaterproofing.com

Kelembapan adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi di ruang bawah tanah. Sebelum memutuskan untuk mengecat dinding ruang bawah tanah, jangan lupa gunakan cat tembok yang waterproof, serta lapisan dinding yang waterproofing. Selain itu, penggunaan wallpaper juga tidak disarankan karena akan mengganggu jamur cepat tumbuh di dinding.

  1. Biaya Pembangunan Ruang bawah tanah

Pie chart on a stock chart with a budget

Satu poin yang harus dipikirkan sebelum merancang ruang bawah tanah adalah biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai pembangunan diberhentikan sementara karena akan mengganggu kekokohan bangunan dasar basement. Untuk budget pembuatan basement perlu diperkirakan sesuai kebutuhan Anda. Jangan membuat basement yang nantinya akan ada ruang kosong tak terpakai.

  1. Sirkulasi Udara

Basement

Sirkulasi udara yang baik dan benar akan menghindari ruang bawah tanah dari kelembapan udara yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membuat jendela kecil di bagian samping dinding atau memasang saluran udara seperti exhaust fan.

Nah, tadi beberapa hal yang perlu dipehatikan sebelum membuat basement. Sudah siap untuk membangun ruang bawah tanahmu di rumah? Semoga bermanfaat . . .

 

WhatsApp chat