SIMAK, CARA MEMBANGUN RUMAH SENDIRI

Bangun Rumah – Salah satu pencapaian besar seseorang adalah membangun rumah. Dalam mewujudkan rumah ini ada beberapa cara orang lakukan, yaitu dengan membeli rumah dan membangun rumah sendiri. Namun kebanyakan orang akan lebih memilih membeli rumah karena lebih gampang dan tidak ribet. Namun keuntungan dari membangun sendiri pun, kita dapat menentukan model rumah kita sendiri. Baca : Jasa Arsitek Malang.

Cara Membangun Rumah Sendiri

Di artikel kali ini, Jasa Arsitek Malang akan berbagi beberapa tips, agar kita bisa membangun rumah sendiri, dengan cara yang lebih hemat.

1. Desain dan Model Rumah
Memperkerjakan seorang arsitek untuk merancang rumah impian tidaklah murah. Oleh karena itu, cobalah untuk mendesain rumah Anda sendiri. Mencari referensi dari internet, mengenai model rumah impin adalah jalan terbaik jika Anda harus mengerjakannya sendiri. Cobalah untuk memilih model desain rumah minimalis. Desain rumah minimalis sangat populer satt ini, dan tidak sulit untuk menemukan variasi desain maupun detail rancangannya di internet atau majalah properti.

Pilih juga model bentuk rumah yang simple. Bantuk rumah dengan banyak lekukan, atau lengkungan di beberapa bagian rumah, umumnya akan meyisakan bahan bangunan yang lebih banyak sehingga tidak efisien dan menjadikan biaya lebih mahal.

Anda punya keluarga atau sahabat yang berprofesi sebagai arsitek ? Mungkin Anda bisa meminta bantuannya. Cobalah untuk mendapatkan harga yang friendly, atau mungkin gratis ? Hehe

2. Riset Harga Material
Cobalah untuk pergi ke beberapa toko bangunan di sekitar Anda. Dengan membawa daftar bahan bangunan yang akan Anda butuhkan untuk membangun rumah. Tanyakan harga-harga material tersebut di setiap toko, untuk mendapatkan harga paling murah. Umunya, toko-toko bangunan menjual material dengan harga bervarisasi.

Misal untuk harga semen, di toko A ternyata paling murah. Sementara harga batu bata / batako paling murah ada di toko B. Dan sebagainya. Catat, toko mana yang menyediakan barang paling murah untuk keperluan bahan bangunan. Dan lakukan rencana pembelanjaan, barang apa di toko mana, untuk mendapatkan total pengeluaran paling sedikit.

3. Potongan Harga
Jangan takut dan malu untuk meminta potongan harga kepada penjual bahan bangunan. Manfaatkan keperluan jumlah belanja Anda yang cukup banyak sebagai alasan agar penjual bersedia memberikan diskon. Atau, jika kebetulan ada tetangga dekat hendak membeli jenis bahan bangunan yang sama ? Jadikan satu pembeliannya, agar Anda dan tetaanga tersebut bisa mendapatkan total harga yang lebih murah.

Jika Anda punya kenalan atau kawan yang memiliki usaha di penjualan material bangunan, cobalah untuk mendatanginya. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

4. Sabar dan Cermat dalam Mencari Tukang
Untuk membangun rumah, Anda membutuhkan tukang. Anda harus selektif dalam mencari tukang. Tentukan dengan cermat, antara tarif, kecepatan kerja dan hasil pekerjaan. Jangan asal mencari yang lebih murah, karena bisa saja tukang tersebut bekerja lambat dan hasil akhir pekerjaannya tidak memuaskan. Carilah referensi dari teman-teman atau kenalan Anda yang sebelumnya pernah mempekerjakan tukang bangunan.

Ada kecenderungan, tukang yang berasal dari daerah (jauh dari kota), menawarkan tarif yang lebih murah. Tetapi, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda harus paham bagaimana pekerjannya (kecepatan dan hasilnya).

Anda juga harus bisa menentukan, apakah akan mempekerjakan tukang tersebut dengan biaya harian, atau per proyek. Cobalah untuk berdiskusi langsung dengan tukangnya, dan tentukan mana pilah terbaik.

5. Bangun Rumah Secara Bertahap.
Jika ternyata Anda belum memiliki cukup uang untuk membangun rumah jadi, bangunlah secara bertahap. Misalnya, dengan membangun pondasinya terlebih dahulu. Kemudian nanti, jika sudah terkumpul uang dilanjutkan dengan membangun tembok dan atap, atau mempersiapkan kusen-kusen. Selanjutanya lebih detail ke bagian kamar, sampai ke bentuk rumah yang diinginkan.

Nah diatas adalah ulasan mengenai cara membangun rumah sendiri. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – JASA ARSITEK MALANG | JASA DESAIN RUMAH MALANGKONTRAKTOR MALANG | JASA BANGUN RUMAH MALANG merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat