STRUKTUR DESAIN BASEMENT RUMAH

Jasa Arsitek – Membuat basement rumah tidak ada salahnya, namun kalian harus memperhatikan struktur desain nya. Bangunan-bangunan dengan fondasi dangkal biasanya tidak memiliki basement.

Sementara mereka biasanya mempergunakan ruangan ini sebagai tempat menyimpan sistem penghangat atau pendingin ruangan, garasi, atau sebagai gudang. Sebelum membuat basement untuk rumah anda perhatikan beberapa stuktur desain untuk ruang basement berikut.

Struktur Desain untuk Ruang Basement

1. Walk-out basement.

sumber : pinterest.com

Basement seperti ini biasanya dimiliki rumah-rumah yang terletak di daerah landai, hingga memungkinkan sebagian dari ruang basement dapat diakses dari luar rumah. Sementara itu, bagian lain ruangan itu bisa juga diakses dari lantai rumah di atasnya. Ruangan ini biasanya difungsikan sebagai garasi, ruangan maintenance, atau bahkan di tempati sebagai kamar.

2. Look-out basement.

Biasanya memiliki dinding yang mencapai bagian lantai dasar rumah. Ini memungkinkan mereka yang berada di lantai bawah tanah tetap bisa mengintip ke luar rumah melalui jendela basement.

3. Walk-up basement.

Walkout Basements Va Dc Call Finished Basement Ranch With . walkout basement retaining walls interior. walkout basement house plans stairs.

Basement jenis ini adalah basement yang memiliki akses keluar-masuk sendiri, berupa pintu dan tangga (tidak harus melalui bagian dalam rumah). Sayang, akses tangga untuk ruangan bawah tanah ini berisiko jadi licin dan lembap, bahkan tergenang air, terutama selama musim hujan.

4. Cellar

17 Functional Ideas For Designing Small Wine Cellar

Cellar adalah jenis basement yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan makanan atau minuman. Ini biasanya dimaksudkan untuk memiliki temperatur yang konsisten sepanjang tahun, agar semua yang disimpan di dalamnya tetap awet. Cellar bukan ruangan yang bisa ditempati orang dalam keadaan berdiri dan biasanya bagian lantainya hanya berupa tanah.

5. Basement Rangkak

Jenis ini hanya memungkinkan orang untuk merangkak di dalamnya.  Basement rangkak juga biasanya hanya digunakan untuk penyimpanan atau sebagai akses ke jalur pipa atau kabel-kabel listrik.

Untuk Anda yang tertarik menggunakan basement dalam rumah, ada beberapa alternatif ide fungsi ruang bawah tanah yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya menjadikannya ruang hiburan berisi konsol-konsol permainan dengan sistem audio visual yang canggih, sebagai sauna, cadangan kamar tidur, atau bahkan sebuah kamar mandi baru. Semoga bermanfaat . . .

 

WhatsApp chat