Tampilan Eksterior Dinding Kamprot

Tampilan Eksterior Dinding Kamprot – Tampilan dinding kamprot belum banyak diketahui oleh masyarakat yang awan dengan dunia arsitektur. Tampilan dinding ini biasanya digunakan untuk eksterior. Nah, berikut kami akan menjelaskan apa itu dinding kamprot. Mari simak yuk!

 

Definisi Dinding Kamprot untuk Eksterior Keren

Dinding kamprot pada dasarnya adalah teknik pembuatan finishing permukaan dinding yang memiliki tekstur kasar. Pengertian dari tekstur kasar di sini cukup beragam dari segi variasi bentuk, corak dan finishing itu sendiri.

Selain daya tarik finishing yang semikasar, dinding kamprot juga sering menjadi favorit karena efek shadow alias bayangan jatuh di permukaan. Saat terkena cahaya atau sinar matahari, tekstur kasar pada dinding ini dipertegas dan terlihat jelas dan estetik.

Maka tak heran jika dinding kamprot sering menghiasi bagian eksterior rumah. Selain tahan cuaca, dinding luar rumah pun mempunyai efek cantik tersendiri saat ditimpa cahaya.

Cara Pembuatan Dinding Kamprot

Teknik aplikasi dinding kamprot menitikberatkan pada penggunaan material yang tepat, supaya permukaan dinding menjadi bertekstur sesuai keinginan. Berbeda dengan teknik plaster atau acian yang bertujuan untuk memuluskan dinding, pembuatan dinding ini malah akan menargetkan finishing yang mentah, alami dan kasar.

  • Material Berkualitas

Bahan dasar dinding kamprot umumnya adalah semen dan pasir yang diaduk secara bersamaan. Kedua bahan ini rentan rontok, terutama jika semen yang dipakai merupakan semen instan berkualitas sedang atau rendah. Sedangkan untuk pasir, ukuran butiran harus dipilih seksama supaya tekstur dinding ini nantinya akan sesuai dengan ekspektasi.

 

  • Plester Dinding

Walaupun bertekstur kasar, bukan berarti dinding kamprot bisa dibuat asal-asalan. Tahap pertama harus melibatkan plester dinding sedemikian rupa supaya nantinya aplikasi bahan adukan bisa rapi. Hasil plester yang rata sempurna dan maksimal, akan menjadikan lapisan dinding dasar yang semakin cantik pula.

 

  • Warna & Intensitas

Dinding kamprot tidak harus hanya tampil dalam warna abu-abu semen. Dengan pencampuran cat emulsi, kamu juga bisa mendapatkan tampilan dinding yang lebih bervariasi.

Selain memberikan sentuhan warna, dinding kamprot yang diberi cat emulsi juga bisa diatur tingkat kelembutan atau kekasaran finishing. Semakin kental cat emulsi, maka akan semakin lembut tekstur dinding ini.

 

  • Spray Gun Khusus

Pengerjaan dinding kamprot secara profesional kadang akan melibatkan alat khusus yaitu spray gun atau alat semprot bermesin kompresor. Pengecatan bahan duko atau melamin biasanya akan menggunakan alat ini, supaya dinding kamprot hadir kian rata dan sempurna.

 

Aplikasi Dinding Kamprot

Dinding kamprot sering menjadi pilihan dinding eksterior seperti bagian outdoor, teras atau halaman rumah atau gedung. Untuk penggunaan interior, dinding ini tidak begitu lumrah digunakan karena sifatnya yang tidak begitu ramah saat disentuh.

Walaupun jarang, tekstur atau tonjolan dinding kamprot, tetap bisa melukai kulit sehingga tidak cocok untuk rumah yang dihuni oleh anak kecil atau hewan peliharaan. Salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memberikan pembatas seperti pot tanaman hijau yang bisa menambah kesan alami dinding ini kian maksimal.

Pastinya, dengan dinding kamprot, persepsi tentang dinding yang mulus dan rapi menjadi berubah. Variasi tekstur pada dinding yang kasar, acak, dan serba alami ternyata dapat membuat hunian bisa tampil makin keren.

WhatsApp chat