Tanaman Rambat Cocok Untuk Eksterior Rumah

Arsitek Malang– Mempercantik eksterior rumah bisa dengan menanam tanaman rambat. Tanaman yang biasa ditanam untuk menghias dinding atau kanopi ini memiliki banyak pilihan dan spesies yang bisa anda pilih sesuai dengan desain taman anda. Berikut kami jelaskan 6 macam tanaman rambat.

  1. Dollar (Ficus Pumila)

Tanaman Dollar merupakan varian tanaman hias dengan warna hijau yang cerah. Selain itu, tanaman merambat ini memberikan kesan sejuk dan menyegarkan serta tumbuh subur sepanjang tahun dengan perawatan yang cukup mudah. Tanaman merambat ini memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidan rambatnya dan sering jadi pilihan tanaman untuk dinding ataupun tembok pagar rumah.

  1. Janda Merana (Vernonia Elliptica)

Beberda dengan tanaman merambat sebelumnya, Vernonia Elliptica—dikenal dengan nama tanaman janda merana atau tanaman Lee Kwan Yew adalah jenis tanaman merambat (Curtain Creeper) yang tumbuh menjuntai kebawah.

Tanaman ini cocok untuk bangunan tropis dengan menanamnya pada balkon atau kanopi atas dan membiarkannya tumbuh menjuntai kebawah dengan indah dan memberikan kesejukan pada hunian.

  1. Morning Glory

 

Morning glory memiliki banyak spesies dengan beragam warna cerah. Tanaman berbunga ini bisa tumbuh baik di wilayah yang kurang bersahabat, baik cuaca sangat dingin maupun panas, sehingga banyak digunakan untuk ditanam di pergola/kanopi. Dalam bangunan modern, morning glory ditanam sebagai vertical garden untuk mengurangi penggunaan pendingin udara.

  1. Hedera

Hedera dipercaya sebagai salah satu tanaman pembersih udara. Tumbuhan ini terdiri atas beberapa pesies, yang berdaun hijau mengkilap, berdaun agak panjang, dan yang berdaun hijau dengan corak putih. Meski banyak dijumpai sebagai tanaman gantung, hedera juga kerap digunakan sebagai tanaman rambat penghias dinding ataupun kanopi.

  1. Alamanda (Allamanda Cathartica)

Dengan bentuk seperti terompet dan memiliki banyak variasi warna, tanaman merambat bernama ilmiah Allamanda Cathartica ini cocok sebagai tanaman pagar hijau dengan media tanam yang kuat.

Berbunga sepanjang tahun, cara merawat tanaman khusus untuk tanaman ini adalah dengan memangkasnya dan memastikan tidak ada daun gugur yang tersangkut dan membusuk didalam rimbunnya tanaman merambat satu ini.

  1. Tanaman Sirih

Meskipun terkenal sebagai salah satu jenis tanaman obat, tanaman sirih juga bisa jadi altenatif tanaman merambat yang bisa menyejukkan taman. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa merambat baik di dinding vertikal ataupun atap rumah dan kanopi.

Berwarna kehijauan, tanaman sirih juga memiliki jenis yang memiliki daun berwarna kemerahan yang dikenal dengan nama tanaman sirih merah untuk jadi pilihan tanaman merambat di tamanmu yang lebih berwarna.

 

 

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

 

 

 

WhatsApp chat