Tanaman Rambat Untuk Carport Rumah

Tanaman Rambat Untuk Carport Rumah – Alih-alih menutupi atap carport dengan material fiber atau genteng, ide menutupinya dengan tanaman rambat bisa kamu terapkan lho! Carport atau garasi rumahmu juga akan terkesan lebih segar dan rindang. Kira-kira tanaman apa saja yang cocok ya? Simak pada artikel berikut ya!

Jenis Tanaman Rambat untuk Pergola Garasi Rumah

  1. Alamanda

Cantik namanya, cantik juga rupanya. Itulah Alamanda. Tanaman rambat yang satu ini terus berbunga sepanjang waktu. Bunga yang mekar di sekilingnya memiliki warna kuning cerah dengan bentuk yang cukup besar. Membuatnya sebagai tanaman pergola sangatlah cocok untuk dilakukan.

Sebab, Alamanda sangat akan berkembang dengan baik jika terkena udara serta sinar matahari secara langsung. Jika ingin menanam Alamanda dan berkembang merambat di sana, pastikan pergola atau kanopi carport memiliki struktur yang kuat. Hal ini karena tanaman ini tumbuh sangat cepat dan dan sangat lebat.

  1. Hedera

Kerap kita temui tiang carport  yang dirambati tanaman pergola berbentuk daun berwarna hijau. Salah satu di antara tanaman tersebut adalah hedera. Tampilannya sangatlah menarik. Ada yang memiliki warnanya mengilap dan bercorak warna putih. Pada umumnya, hedera merupakan tanaman gantung yang menempel di dinding. Namun hedera juga kerap digunakan sebagai tanaman rambat kanopi carport.

  1. Mandevilla

Iklim Indonesia yang tropis membuat tanaman mandevilla tumbuh baik dan cantik. Bunga ini bisa dijadikan salah satu pilihan tanaman pergola untuk garasi luar rumah Anda. Dedaunannya yang tumbuh rimbun sangat bagus untuk menjadi barrier panas dan matahari.

Mandevilla memiliki beragam warna. Ada yang merah, pink, kuning, dan juga putih. Jika tertarik untuk memeliharanya, Anda harus memerhatikan pertembuhannya agar tidak terlalu tumbuh rimbun. Maka itu, tali batangnya ke tiang carport dan pergola.

  1. Flame of Irian

Bunga yang satu ini akan memberikan tampilan garasi luar rumah yang sangat cantik. Hal itu karena sifat dan bentuk yang menggantung. Disebut sebagai flame of Irian karena warnanya yang oranye kemerah-merahan. Sayangnya bunga ini tergolong dalam tanaman yang cukup mahal. Namun untungnya, sekali memilikinya, Anda dapat mengembangkan serta merawatnya dengan sangat mudah.

  1. Melati Kosta

Ternyata cukup banyak ya jenis bunga yang dapat ditanam secara merambat untuk pergola dan carport rumah. Selain beberapa di atas, ada pula jenis bunga bernama melati kosta yang memiliki warna sangat menarik. Uniknya, bunga ini memiliki warna keunguan ketika mekar dan akan memudar menjadi putih beberapa saat kemudian. Jika Anda menambahkannya pada caport, area eksterior rumah pun akan tampak sangat menarik.

  1. Morning Glory

Morning glory merupakan salah satu tanaman rambat yang menarik dari segi bentuk dan juga warna. Di sela-sela dedaunannya tumbuh beberapa bunga kecil yang warnanya sangat cerah yaitu ungu. Selain tampilannya yang cantik, jenis tanaman pergola ini juga bisa tumbuh pada kondisi cuaca yang ekstrim. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam hal perawatan tumbuhan yang satu ini.

Tidak hanya dijadikan pemanis kanopi carport, morning glory juga sangat cocok untuk ditanam dengan teknik vertical garden. Menanam dengan cara tersebut dapat membantu area rumah menjadi lebih segar dan teduh.

WhatsApp chat