Tanaman Untuk Pagar Rumah

Tanaman Untuk Pagar Rumah – Mewujudkan rumah yang lebih menarik bisa dimulai dari pagar rumah. Pagar rumah dengan hiasan tanaman bisa anda terapkan. Selain lebih menarik, rumah anda juga akan lebih hijau. Ciptakan yuk pagar dengan hiasan tanaman. Mari simak!

Pagar Tanaman Hias dari Bambu

Berbagai jenis serta ukuran tanaman bambu bisa dimanfaatkan untuk membuat area rumah terasa lebih privat. Pilih ukuran bambu dengan bilah yang besar untuk bagian depan rumah. Hasilnya, Anda pun akan mendapatkan pagar yang rapat, kokoh, serta tinggi.

Untuk membuat halaman belakang lebih tertutup, Anda juga bisa menggunakan bambu berukuran kecil. Tanam tumbuhan tersebut pada beberapa pot, lalu letakkan berdampingan. Bambu tersebut lambat laun akan tumbuh tinggi sehingga dapat menghalangi pemandangan dari luar.

Bunga Soka Si Tanaman Cantik untuk Pagar

Jenis tanaman perdu alias bersemak sangatlah cocok dijadikan pagar rumah. Jika tumbuh besar, tanaman ini memiliki bentuk yang sangat padat sehingga mudah dibentuk. Pagar tanaman hias dari perdu ini memiliki jenis yang cukup banyak dan cantik. Salah satu di antaranya adalah bunga soka.

Paduan warna hijau dari daun serta merah, oranye, dan kuning dari bunga, membuat pagar tanaman yang satu ini tampil sangat cantik. Merawat pagar yang satu ini juga termasuk mudah lho, Urbanites. Cukup memangkasnnya secara reguler, lalu disiram serta diberi pupuk minimali sebulan sekali.

Pagar Tanaman Cantik dari Pakis

Tanaman jenis paku-pakuan seperti pakis sangat cocok jika Anda jadikan pagar rumah. Salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan adalah pakis boston. Anda bisa menanamanya di atas pagar beton atau pun kayu sebagai pemanis halaman. Selain dibiarkan menempel pada pagar, tanaman pakis juga bisa dijadikan pagar dengan ketinggian rendah.

Caranya, cukup tanam pakis di dalam tanah dan biarkan ia tumbuh dan berkembang besar. Halaman depan maupun belakang rumah Anda pun akan tampak semakin hijau dan segar berkat pagar ini.

Kembang Sepatu Bikin Rumah Jadi Segar

Tidak hanya bunga soka, tanaman lain yang memiliki tekstur serta bentuk yang cocok dijadikan pagar adalah kembang sepatu. Tumbuhan satu ini tidak memerlukan media rambat khusus agar dapat dibentuk menjadi pagar, cukup membiarkannya tumbuh lalu potong sehingga dedaunannya membentuk pagar.

Untuk memperbanyak tanaman ini di halaman rumah, Anda bisa mengembangkannya dengan teknik cangkok. Rawat tanaman dengan memberkan pupuk sebulan sekali. Selebihnya, ia akan tumbuh sehat dengan bantuan sinar matahari yang baik.

Tanduk Rusa Meramaikan Pagar Rumah

Saat ini makin banyak orang yang senang dan tertarik dengan vertical garden. Selain ditanam merambat pada dinding, vertical garden juga dapat dibuat dengan menggantungkan beberapa pot pada papan atau pagar yang telah dibentuk sedemikian rupa.

Cukup banyak tumbuhan yang bisa Anda tanam pada vertical garden ini sehingga berfungsi sebagai pagar. Salah satunya adalah jenis tanduk rusa. Padukan tanduk rusa pada pagar vertical garden di rumah Anda dengan jenis tanaman lain.

Contohnya kuping gajah, lili paris, kadaka, dan juga sirih merah.

Tanaman Cantik Si Morning Glory

Morning glory merupakan salah satu tanaman hias merambat yang sangat cantik. Karena tampilannya yang menarik dan juga dapat menjalar dengan baik, gunakanlah tanaman ini sebagai pagar rumah Anda.

Sebelum Anda menanam morning glory di halaman, buatlah pagar kayu atau bambu simpel sebagai media rambatnya. Lambat laun, tanaman ini pun akan menjalar pada media yang telah disediakan dan membentuk pagar yang cantik.

Selain dijadikan pagar, tumbuhan ini pun dapat ditanam pada pergola. Oh ya! Morning glory ini sangat harum lho. Apalagi saat ia mekar di pagi hari.

American Holly

Jenis tanaman ini memang belum banyak dikenal di Indonesia, namun pamornya sebagai pagar tanaman sudah terkenal di seluruh dunia. American Holly atau Ilex opaca adalah spesies yang berasal dari Amerika Serikat.

Pohon ini bisa dibilang semacam tanaman cemara dengan daun berwarna hijau dan bisa tumbuh setinggi 10-20 meter. Selain American Holly, jenis tanaman holly lain yang sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup adalah Japanese Holly dan English Holly. Yang paling penting dalam perawatan tanaman holly adalah dengan teratur memangkasnya agar tidak tumbuh berantakan.

Pohon Cemara Kipas

Cemara memiliki banyak jenis, dan salah satu yang paling populer digunakan sebagai tanaman pagar adalah pohon cemara kipas atau Arborvitae. Bentuknya tegak dan tinggi menjulang dengan kisaran 3-6 meter.

Pohon cemara kipas juga dapat berfungsi sebagai penahan angin. Kayunya pun ringan, lembut dan beraroma sehingga bisa digunakan sebagai pengusir ngengat.

Bagi Anda yang memiliki rumah berukuran besar, pohon ini bisa dijadikan andalan untuk pagar tanaman. Dengan tingginya yang memadai, pohon ini dapat menutupi bangunan rumah, memberi privasi, serta mampu menciptakan kesejukan di lingkungan.

WhatsApp chat