Tanda Tanda Suatu Bangunan Akan Roboh

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Akhir akhir ini banyak sekali bangunan bangunan yang roboh. Seharusnya kira lebih memperhatikan kondisi bangunan yang ditempati. Karena suatu bangunan atau rumah atau gedung atau apapun itu jika roboh maka bisa mengakibatkan korban luka hingga meninggal. Suatu bangunan yang roboh bisa disebabkan oleh konstruksi bangunan yang kurang kuat ataupun gempa. Untuk artikel kali ini akan membahas tentang tanda tanda bangunan yang akan roboh.

1. Suara Aneh

Jika rumah mulai mengeluarkan suara berisik saat diterpa angin atau badai, itu bisa menjadi pertanda bahwa bangunan sudah mulai rusak. Jika tidak diantisipasi bisa runtuh.

2. Jamur dan Noda di Langit-langit

Jamur dan noda lembab pada bagian dinding, terutama langit-langit merupakan indikator kuat penetrasi air. Temuan tersebut menjadi indikator kelemahan struktur bangunan.

3. Lantai Miring

Ruang yang tidak rata dan lantai miring menjadi salah satu tanda struktur bangunan bermasalah. Hal ini merupakan pertanda bagian rumah yang mulai bergeser.

4. Retak

Retak dinding fondasi mungkin merupakan tanda yang paling jelas runtuhnya bangunan. Jika Anda melihat retakan sebaiknya Anda segera menghubungi tukang bangunan atau ahli bangunan untuk memperbaiki struktur.

5. Langit-langit Melengkung

Langit-langit melengkung atau bengkok menjadi salah satu indikator struktur bangunan mulai rentan ambruk. Kondisi tersebut perlu segera diperhatikan agar tidak ambruk.

6. Struktur Bangunan

Kualitas struktur menjadi kunci kekuatan sebuah bangunan. Memburuknya struktur bisa sebagai akibat dari menggunakan bahan di bawah standar dalam membangun rumah yang sebagian besar akan memengaruhi integritas struktural bangunan.

7. Kusen Pintu atau Jendela

Jika bingkai pintu atau jendela mulai terpisah dari batu bata yang menahannya, mungkin sudah saatnya Anda memanggil tukang bangunan. Hal itu perlu dilakukan karena menjadi pertanda bahwa ada kesalahan di dalam rumah.

WhatsApp chat