Tarian Tradisional Jawa Barat Beserta Asalnya

Tarian Tradisional Jawa Barat Beserta Asalnya – Kebudayaan daerah memiliki banyak ragam yang sangat menarik untuk di lihat dan di lestarikan. Dan pada suatu kebudayaan yang terkenal dan mudah untuk di kenal sebagai ciri khas satu kebudayaan adalah tarian tradisional pada suatu daerah. Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang masih sangat menjaga berbagai tarian khas yang dimilikinya.

Daerah jawa barat memang memiliki keanekaragaman budaya yang sangat unik dan menarik untuk di nikmati, terutama tari tradisional nya. Jika kalian mendengar tarian tradisional jawa barat pasti akan tergambar tarian Jaipong. Tetapi tarian khas jawa barat tidak hanya itu saja lohh, ada berbagai tarian unik dan sangat memiliki ciri khas tanah sunda.

Pada bagian tarian tradisional Jawa Barat sendiri memiliki sejarah dan banyak nilai yang terkandung. Ada nilai sosial budaya serta nilai filosofis yang dimiliki oleh tarian tradisional Jawa Barat. Sebuah tarian tradisional sendiri biasanya mencerminkan kehidupan masyarakat pada suatu daerah. Tarian tradisional pun kadang mencerminkan sebuah ritual, harapan, perjuangan, dan doa yang di lakukan oleh masyarakat. Jika kalian penasaran tarian tradisional apa saja yang ada di jawa barat silahkan simak rangkuman berikut :

Tari Ketuk Tilu

Tarian Ketuk Tilu biasa nya di pentaskan dalam berbagai acara besar seperti pernikahan, hiburan penutup acara, dan sebagainya. Kesenian tari ini awalnya merupakan tarian untuk upacara adat menyambut musim panen. Kalian bisa menemukan tarian ini di daerah Priangan, Bogor, dan Purwakarta, Jawa Barat. Menjadi hiburan, tarian ini termasuk dalam tari pergaulan atau hiburan yang diiringi alat musik seperti kendang, rebab, tiga buah ketuk, Kecrek, dan Goong. Dalam makna tarian Ketuk tilu ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada dewi padi dalam kepercayaan masyarakat Sunda, yaitu Dewi Sriwedari.

Tari Sintren

Tari tradisional Jawa Barat  yang satu ini sangatlah unik sekaligus menegangkan. Karena Tari Sintren sendiri juga merupakan tarian tradisional dari Jawa Tengah. Sintren merupakan tarian yang berasal dari Kota Cirebon, Jawa Barat. Sebuah tarian sintren biasanya di bawakan oleh seorang wanita yang mengenakan kostum khusus dan kacamata hitam.

Sintren yang memiliki arti si putri. Tari ini berasal dari dua kata yaitu si yang berarti dia, dan tren merujuk pada putri. Penari Sintren harus dalam keadaan suci dan bersih. Hal lain yang menyebabkan Tari Sintren sangat sarat dengan keunikannya adalah karena ini merupakan salah satu tarian mistis. Tari Sintren sendiri memiliki awal mula cerita dari kisah cinta Sulandono dan Sulasih.

Tari Jaipong

Tari Jaipong berasal dari daerah Karawang, Jawa Barat. Sejarah awal mulanya tarian ini di latar belakangi bunyi-bunyi kendang dengan iringan tarian rakyat. Secara gerakan, Tari Jaipong memiliki kekhasan tersendiri yang berbeda dari tari daerah lainnya. Kesenian tari Jaipong cenderung berirama cepat dan bersemangat. Awal mula tari Jaipong sebagai iringan tari pergaulan, dalam bajidoran di daerah Subang dan Karawang.