Tips Awet Gunakan Pintu Kaca Geser

Tips Awet Gunakan Pintu Kaca Geser – Pintu geser memang memberikan kesan yang berbeda pada sebuah rumah. Dapat membuat tambak lebih luas dan lebih modern. Namun, pintu geser ini memerlukan perhatian khusus untuk perawatannya. Nah, berikut beberapa tips agar pintu geser anda awet.

  1. Letakkan Sesuai Tempat

Berbeda dengan pintu kayu, pintu berbahan kaca rentan pecah. Karena itu, Anda harus memilih tempat yang sesuai untuk mengaplikasikan pintu kaca geser di dalam hunian.

Hindari menggunakan pintu kaca geser untuk ruang-ruang, seperti garasi, gudang, atau ruang lain yang berisiko menimbulkan benturan dengan benda-benda berat.

Beberapa ruang yang cocok mengaplikasikan pintu kaca geser, yaitu pintu akses ruang dalam menuju taman, pintu kamar tidur, ruang makan, ruang kerja, dan pintu akses menuju balkon.

  1. Hati-hati Menutup

Selalu berhati-hati saat menggeser pintu kaca. Jangan membuka dan menutupnya terlalu keras karena material kaca mudah pecah.

Untuk meminimalisasi goncangan pada kaca saat terjadi benturan, Anda dapat melapisi pintu kaca menggunakan komponen aluminium maupun logam besi yang cukup kuat.

  1. Perawatan Railing

Permasalahan utama pintu geser adalah pada bagian railing. Biasanya karena kotor atau bermasalah pada roda. Agar pintu tetap mudah dibuka-tutup, bersihkan bagian rel roda dan roda setiap satu bulan sekali.

Jika roda sudah mulai berkerak bersihkan dengan larutan deterjen. Anda bisa meminta bantuan tukang untuk melepas pintu dari relnya.

  1. Redam Suara

Gunakan penahan benturan yang terbuat dari busa atau karet untuk meredam suara saat pintu bergeser, terutama saat menyentuh bagian frame dan kusen pintu.

Rekatkan penahan di sepanjang tepi pintu geser tersebut, atau ditempelkan pada frame dan kusen pintu. Hindari menutup pintu terlalu keras.

  1. Pembersihan Rutin

Bersihkan pintu kaca secara rutin, minimal satu minggu sekali. Hindari membersihkan kaca menggunakan koran basah atau lap kering yang dibasahi air. Ini akan meninggalkan serat ketika kaca sudah mengering.

Gunakan sabun pembersih dan alat penyeka kaca karet agar kebersihan kaca kaca terlihat mengilap dan tidak tergores.

  1. Atasi Buram

Jangan biarkan kaca buram karena akan mengganggu estetika. Untuk membersihkan, gunakan rendaman 2 ons tembakau dan campur 200 ml air. Rendam tembakau hingga 30 menit. Celupkan lap bersih ke dalam cairan tersebut, lalu gunakan lap untuk membersihkan kaca.

WhatsApp chat