Tips Dekor Apartemen Mungil

Tips Dekor Apartemen Mungil – Untuk sebagian orang yang belum memiliki rumah permanen akan membuat mereka terpaksa menyewa tempat tinggal. Tapi seiring berkembangnya jaman banyak orang yang lebih tertarik untuk membeli apartemen karena dinilai lebih praktis. Namun, terkadang apartemen yang berukuran kecil kerap menjadi masalah karena sang pemilik tidak bisa bebas mendekor ruangan. Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips mendekor apartemen berukuran mungil. Seperti apa ya? Simak yuk!

  • Gunakan Cermin

Cermin merupakan salah satu cara untuk membuat ilusi lebih luas pada sebuah ruangan. Apalagi jika apartemen Anda memang memiliki ukuran yang kecil, dengan meletakkan beberapa cermin secara strategis maka ruangan akan nampak lebih lebar dan luas dari yang sebenarnya.

Selain membuat ilusi optik, cermin juga mampu digunakan untuk memperluas pencahayaan yang otomatis di pantulkan dari permukaan cermin. Cermin dapat menggantikan fungsi jendela dan yang pasti Anda harus meletakkannya di posisi yang tepat.

  • Pencahayaan yang pas

Salah satu cara agar ruangan terlihat lebih luas adalah dengan memilih pencahayaan yang pas. Pasanglah lampu pada setiap sudut apartemen sehingga setiap ruangan memiliki pencahayaan yang cukup.

Tidak hanya lampu gantung, Anda bisa memasang lampu dinding atau lampu pada langit-langit apartemen untuk tujuan agar pandangan mata lebih luas.

  • Penempatan furnitur yang strategis

Sebelum Anda berencana untuk membeli furnitur, Anda harus menentukan setiap kegunaannya bagi setiap ruangan. Contohnya, ranjang tidur yang tentunya harus ada di kamar tidur sementara sofa harus ada di ruang tamu. Setelah membeli furnitur yang benar-benar dibutuhkan, Anda dapat menambahkan beberapa furnitur tambahan yang akan memberikan warna dan tekstur lain pada ruangan.

Peletakan furnitur tidak harus selalu menempel pada dinding karena jika Anda meletakkannya terlalu menempel maka ruangan terkesan dingin dan tidak menarik. Dan yang harus Anda perhatikan Adalah jangan meletakkan furnitur yang dapat mempersempit ruang gerak seperti di dekat pintu.

  • Membuat ruang tambahan secara kreatif

Ketika apartemen Anda hanya menyediakan ruangan yang terbatas, ini lah saatnya untuk berkreasi dengan sesuatu yang ada. Anda dapat membuat sebuah panel pemisah yang akan menambah ruangan.

Sebagai contoh, ruang tamu dan kamar tidur dapat Anda pisahkan dengan sebuah pemisah yang terbuat dari kayu yang secara otomatis dapat Anda pindahkan sesuka hati ketika Anda merasa bosan dengan penataan yang sama setiap harinya.

  • Gunakan lemari kabinet/rak

Setiap pemilik apartemen berukuran kecil pastinya selalu terkendala oleh ruangan yang terbatas. Oleh karena itu, sebagai tepat penyimpanan tambahan, Anda bisa membuat almari dan rak penyimpanan barang yang didesain untuk ditempelkan pada dinding.

Dengan sedikit usaha yang tidak terlalu berat, ruangan pun akan nampak lebih rapi dan sedap dipandang mata.

  • Pemilihan warna yang sesuai

Memilih warna yang sesuai bagi apartemen kecil Anda merupakan hal yang tidak kalah penting. Jika Anda ingin memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dengan menggunakan warna, maka pilihlah warna putih yang akan memaksimalkan tampilan ruangan di apartemen Anda.

Warna-warna cerah bisa di kombinasikan dengan aksen warna yang sedikit kalem agar tampilan ruangan tidak terlalu monoton.

  • Belilah furnitur yang memiliki banyak fungsi/multi fungsi

Dibandingkan dengan membeli furnitur dengan tujuan tertentu, akan lebih baik jika pemilihan furnitur lebih ditekankan pada kegunaannya yang fleksibel. Misalnya, pulau dapur Anda tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk menyelesaikan tugas memasak makanan, namun juga dapat dijadikan meja makan informal yang akan menghemat tempat.

Tidak hanya akan menghemat tempat, namun juga akan menghemat anggaran dana.

  • Tepat penyimpanan tersembunyi

Apakah Anda pernah membayangkan untuk membuat tempat penyimpanan yang tersembunyi? Karena ruangan yang terbatas membuat Anda harus berfikir secara kreatif, tentunya Anda dapat menggunakan ide tempat penyimpanan tersembunyi yang akan menghemat setiap ruangan.

Di dalam kamar tidur, Anda dapat menyimpan barang yang tidak dipakai di bawah kolong keranjang tidur.

  • Rencanakanlah dekorasi apartemen sesuai dengan gaya hidup Anda

Tips terakhir yang harus Anda lakukan Adalah dengan merencanakan dekorasi sesuai dengan gaya hidup Anda. Kebanyakan pemilik apartemen mungkin lebih memilih untuk mendekorasi apartemen seperti tampilan rumah yang Ada di majalah atau internet tapi pertanyaannya adalah, apakah gaya dekorasi tersebut cocok dengan gaya hidup Anda?

Untuk itu, hal yang terpenting adalah menyesuaikan dengan gaya hidup Anda sehari-hari. Misalnya, Anda mungkin adalah seseorang yang tidak suka dengan hal-hal yang memusingkan. Maka, dekorasi yang sesuai untuk Anda adalah dekorasi minimalis dengan desain yang praktis.

WhatsApp chat