Tips Dekor Rumah Gaya Maroko

Tips Dekor Rumah Gaya Maroko – Negara Maroko merupakan negara yang memiliki perpaduan budaya yang sangat unik, hal itu disebabkan karena letak geografisnya diantara Eropa dan Afrika, Atlantik dan Mediterania serta pengaruh budaya Islam yang kuat. Setelah mengenal ciri khas dari gaya maroko pada artikel sebelumnya. Bagi anda yang sedang bingung mendekor interior rumah dengan konsep yang seperti apa, konsep desain ini bisa anda terapkan untuk rumah anda. Mari kita simak bersama.

  1. Palet warna yang kuat dan berani

Gaya Maroko sangat khas dengan warna-warna cerah yang kuat dan berani. Ini karena terinpirasi dari lansekap Maroko yang perpaduan warna hijau dari pegunungan, biru dari samudera, kuning dari sinar matahari yang terus menerangi sepanjang tahun, cokelat dan merah dari warna khas gurun pasir. Kuncinya ialah warna yang cerah dan meriah.

  1. Padukan berbagai motif dan corak

Maroko juga kaya akan bahan tekstil dengan motif yang beragam tentunya juga dalam warna-warna cerah. Dandani interior rumah dengan hiasan dinding berupa tapestry, kemudian pada ruang tamu ataupun kamar tidur dengan sarung bantal, throw, dan karpet. Agar tidak terlihat terlalu ramai, padankan ragam motif ini hanya dalam satu atau dua warna yang komplemen.

  1. Letakkan banyak bantal dalam berbagai ukuran

Salah satu yang khas dari gaya Maroko ialah plushy furniture, floor pillow, dan ottoman. Intinya ialah banyak bantal berbagai ukuran dan furnitur yang empuk.

  1. Simbol khas Maroko, Hamsa

Salah satu simbol yang sering muncul dalam berbagai perabot dan aksesori Maroko ialah Hamsa, simbol tangan dari Fatima (anak perempuan Nabi Muhammad SAW). Simbol ini dipercaya dapat menjauhkan pengaruh buruk dan negatif. Tak hanya sebagai dekorasi yang cantik namun juga memberikan energi positif dalam interior. Anda bisa meletakkan dekorasi Hamsa pada artwork lukisan, windchimer, dan kenop pintu.

  1. Ubin dengan motif khas Maroko untuk lantai maupun artwork

Dipengaruhi oleh budaya Islam yang kuat, Maroko juga terkenal dengan seni kaligrafinya. Kaligrafi ini terukir cantik dalam warna-warna cerah pada ubin maupun artwork yang sontak membuat ruangan lebih berwarna.

  1. Aksesori tambahan seperti lampu, cermin dan tirai kanopi

Agar semakin terasa nuansa Maroko, pencahayaan dari lampu gantung berdesain eksotis dengan tirai kanopi yang menjuntai bisa menjadi alternatif dekorasi yang instan.

  1. Lengkapi ruangan dengan aromaterapi khas Maroko

Aromaterapi berupa rempah-rempah seperti cinnamon, nutmeg, dan saffron juga dapat memberikan ketenangan dan relaksasi di rumah. Tempatkan lilin, diffuser, atau incense yang menyebarkan wewangian khas Maroko ini.

WhatsApp chat