Tips Desain Ruang Tamu Mungil

Tips Desain Ruang Tamu Mungil – Pastinya anda mengingkan ruang tamu dengan desain apik dan dapat membuat nyaman setiap orang yang berada di ruangan tersebut. Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang kita ataupun tamu akses saat masuk ke rumah, maka dari itu buatlah desain ruang tamu hangat dan nyaman. Tapi bagaimana jika ruang tamunya hanya berukuran kecil? Tak perlu khawatir! Berikut adalah tips desain ruang tamu berukuran kecil. Mari simak bersama!

Pasang cermin untuk memberikan kesan luas

Mungkin cukup familiar dengan konsep pemasangan cermin-cermin yang ada di restoran maupun kedai kopi di sekitar anda? Ya, trik penggunaan cermin untuk memberikan kesan luas ruangan memang bukan sesuatu yang baru.

Jika bisa, pilihlah dinding yang berhadapan langsung dengan jendela yang ada di ruang tamu anda, hal ini dilakukan supaya si cermin dapat ikut merefleksikan cahaya alami dari luar. Alternatif lainnya, anda juga bisa bereksperimen dengan lampu-lampu dan penataan furnitur yang ada di ruang tamu kecil tersebut.

Hindari membeli kursi sofa yang terlalu besar

Meskipun cenderung dianggap mengambil terlalu banyak ruang, keberadaan sofa di ruang tamu sudah menjadi hal yang bisa dibilang wajib. Untuk anda yang punya ruang tamu kecil, hindarilah membeli sofa yang ukurannya terlalu besar. Untuk mendapatkan kesan minimalis, anda bisa memilih sofa dengan dua atau tiga dudukan saja. Anda bisa padukan kursi sofa tersebut dengan coffee table kecil, baik yang terbuat dari kaca atau motif kayu.

Warna pastel & netral jadi warna paling ideal untuk ruang tamu kecil

Pemilihan warna cat untuk ukuran ruang tamu kecil ternyata sangat berpengaruh. Ruang tamu kecil tidak terlalu cocok jika dipasangkan dengan warna-warna bold. Hati-hati, jangan sampai anda melakukan kesalahan yang biasanya dilakukan saat menata ruang tamu kecil.

Nah, sebaliknya penggunaan warna-warna seperti putih, krem, dan abu terang di ruang tamu kecil justru bisa menciptakan kesan ruangan yang lega, nyaman, dan hangat. Sebaiknya sesuaikan juga gorden pada ruang tamu kecil tersebut dengan warna cat yang anda pilih.

Tambahkan tanaman indoor untuk kesan asri di ruang tamu kecil

Kehadiran tanaman di ruang tamu kecil kamu tentu akan mempercantik ruangan. Pilihlah tanaman hijau yang daya tahan hidupnya tidak terlalu bergantung pada sinar matahari. Hal ini supaya anda tidak akan terlalu repot untuk membawa tanaman tersebut ke luar setiap hari. Selain jenisnya, anda juga harus kembali memperhatikan ukuran yang pas dan cocok untuk diletakan di ruang tamu kecil anda.

Maksimalkan cahaya alami dengan jendela ukuran besar

Untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang, pencahayaan alami merupakan salah satu pertimbangan yang paling penting. Selain pemilihan warna cat rumah seperti cat warna netral atau pastel, ukuran jendela besar juga bisa menciptakan efek luas untuk ruang tamu kecil. Kalau ingin berkreasi, anda bisa kok membuat jendela berdesain unik!

Penggunaan jendela besar juga sangat bermanfaat untuk penghematan listrik, sebab ruang tamu kecil milik anda tidak akan terlalu bergantung pada lampu di pagi, siang, atau bahkan di sore hari.

Lukisan atau karya seni kontemporer untuk mempercantik ruang tamu kecil

Apakah atap plafon atau langit-langit ruang tamu kecil anda termasuk relatif tinggi? Jika ya, opsi desain yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan menarik nih. Ruang tamu kecil dengan plafon tinggi bisa dimanfaatkan sebagai area anda untuk memamerkan karya seni atau kolase bingkai foto.

Jika ingin mendapatkan kesan yang mewah namun tidak terlalu berlebihan, anda harus bisa memilah koleksi apa saja yang akan dipajang. Dengan pencahayaan lampu dan penataan yang pas, tamu yang datang pun akan lebih betah saat berada di ruang kecil anda.

Investasi jangka panjang dengan furnitur built-in di ruang tamu kecil

Untuk anda yang butuh atau ingin punya banyak rak namun hanya punya ruang tamu kecil, anda dapat memanfaatkan furnitur built-in. Pada dasarnya, furnitur built-in yang customized atau disesuaikan dengan bentuk ruangan biasanya cenderung relatif mahal. Meskipun begitu, furnitur jenis ini dipercaya bisa menjadi investasi jangka panjang untuk ruang tamu kecil anda. Sebab biasanya furnitur semacam ini dibangun kokoh dan multifungsi.

Pasang wallpaper untuk memberikan kesan ‘beda’ pada ruang tamu kecil

Tidak banyak yang percaya kalau wallpaper dinding juga bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Yang penting, wallpaper dinding dirawat secara berkala. Sebenarnya semua ini bergantung pada motif wallpaper dinding yang anda pilih. Hindarilah motif-motif besar maupun berwarna gelap. Tentunya pemilihan wallpaper dinding ini juga harus disesuaikan dengan furniture favorit anda yang ada di ruang tamu kecil.

Perhatikan tata letak furnitur dan detail yang ada di ruang tamu kecil

Dalam urusan penataan rumah, setiap detail menjadi sangat berarti. Salah penataan furnitur justru bisa membuat ruang tamu kecil anda semakin mungil dan tertutup. Janganlah tempelkan furnitur anda ke area-area dinding. Usahakan buat jarak antara furnitur dengan dinding di ruang tamu kecil tersebut meskipun hanya satu cm saja.

Pilih bufet ramping & tinggi untuk menyimpan koleksi kesayangan

Kalau anda masih ragu untuk berinvestasi furnitur built-in di ruang tamu kecil, bufet ramping & tinggi bisa jadi alternatif yang ideal. Anda tentu tidak mau barang-barang atau koleksi kesayangan anda berantakan kan? Apalagi saat menata ruang keluarga, tempat di mana keluarga sering berkumpul.

Coba untuk membeli bufet yang bentuknya ramping. Lemari ramping ini tidak akan mengambil banyak ruang dan gampang untuk dipindahkan ke berbagai sudut ruangan. Fleksibilitas furnitur memang merupakan poin penting yang dibutuhkan untuk ruang tamu kecil.

Pasang karpet tanpa corak untuk memberikan kesan luas pada ruang tamu kecil

Pemasangan karpet pada ruang tamu kecil ternyata dapat menyiasati agar ruang terasa lebih luas. Untuk mengoptimalkan ruangan agar terasa lega namun tetap hangat, karpet tanpa corak atau polos bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Namun ingat, jangan coba-coba untuk melapisi seluruh ruang tamu kecil tersebut dengan karpet. Sebab pemasangan yang berlebihan bisa mengurangi estetika ruang interior tersebut.

Seperti yang sudah anda lihat di atas, ruang tamu kecil sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan untuk anda berhenti berkreasi dalam urusan interior rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

WhatsApp chat