Tips Jitu Usir Nyamuk Di Rumah

Tips Jitu Usir Nyamuk Di Rumah – Keberadaan nyamuk pasti sangat mengganggu sekali, mulai dari bunyinya yang berisik dan sengatan yang membuat gatal-gatal. Nyamuk juga bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, malaria, dll. Sangat merugikan bukan? Nah, berikut ini kami akan memberikan tips mengusir nyamuk. Mari simak bersama!

  1. Tutupi celah udara yang ada di pintu dan jendela

Ukuran nyamuk yang kecil memungkinkannya masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah udara, termasuk melalui pintu dan jendela rumah. Nah, terkadang kita tidak sadar tentang hal ini. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencoba cara mengusir nyamuk dengan menutup celah-celah tersebut dengan papan tambahan atau kasa.

Cara mengusir nyamuk ini dijamin akan mengurangi intensitas nyamuk masuk ke dalam ruangan anda. Oh iya, sangat disarankan untuk tidak membuka pintu dan jendela rumah terlalu lama. Segera tutup setelah membukanya. Dengan cara mengusir nyamuk ini, anda nggak akan terganggu lagi.

  1. Jangan menumpuk baju kotor terlalu lama

Pernah tidak sih anda melihat banyak nyamuk di tumpukan atau gantungan baju-baju kotor? Konon katanya, nyamuk suka sekali dengan bau badan manusia. Maka dari itu, tidak heran juga kalau nyamuk suka mendekam di sana.

Nah, cara mengusir nyamuk kedua adalah jangan biarkan baju kotor menumpuk terlalu lama. Segera cuci pakaian anda setelah dipakai. Kalau pun anda akan menggunakan pakaian tersebut kembali, jangan biarkan terlalu lama menggantung atau menumpuk.

  1. Gunakan alat elektronik pembasmi nyamuk

Nah, cara mengusir nyamuk yang ini sudah sangat akrab pastinya. Anda bisa memakai alat elektronik pembasmi nyamuk. Pilihan pertama jatuh pada raket listrik. Cara mengusir nyamuk menggunakan alat ini adalah anda cukup menyalakannya dan kibaskan raket ke arah nyamuk.

Kedua adalah lampu listrik. Berbeda dengan raket, cara mengusir nyamuk menggunakan lampu listrik adalah kamu hanya menancapkan ke stopkontak dan lampu akan menyala. Jika ada nyamuk yang terbang di sekitar lampu, sengatan listrik akan mematikannya.

  1. Gunakan obat pengusir nyamuk

Cara mengusir nyamuk ini juga paling sering dilakukan. Anda bisa menemukan obat kimia pengusir nyamuk dengan mudah di toko terdekat. Ada beberapa bentuk obat nyamuk yaitu elektrik, bakar, dan spray. Obat nyamuk elektrik harus dipasang ke stopkontak. Namun sebelum itu, anda harus memasukkan obat kimia ke dalam tempat elektrik, lalu pasang ke stopkontak.

Obat nyamuk bakar berbentuk lingkaran spiral berwarna hijau. Cara mengusir nyamuk menggunakan obat ini adalah anda cukup membakar ujung lingkaran dengan api kecil. Obat nyamuk akan menghasilkan asap yang ampuh mengusir nyamuk dari area sekitarnya.

Terakhir, cara mengusir nyamuk menggunakan obat nyamuk spray dilakukan dengan cara menyemprotnya ke seluruh sudut ruangan. Setelahnya, tutup ruangan beberapa saat. Nyamuk di ruangan pun akan pergi bahkan mati.

  1. Gunakan bahan tradisional

Cara mengusir nyamuk yang terakhir adalah menggunakan bahan tradisional. Bahan alami yang dipercaya bisa mengusir nyamuk adalah bunga lavender, serai, bawang putih, geranium, dan kulit jeruk. Serai yang sudah dipotong-potong dan kulit jeruk bisa anda letakkan di sudut-sudut ruangan yang berpotensi banyak nyamuk. Bawang putih bisa kamu makan sebagai tameng untuk melindungi tubuh anda dari sengatan nyamuk nakal.

Lavender dan geranium bisa kamu tanam di depan rumah sekaligus menjadi tanaman hias. Bau wangi yang dihasilkan keduanya bisa membuat nyamuk pusing dan pergi dari rumah. Anda pun terbebas dari nyamuk dan nggak perlu cemas lagi.

  1. Mengusir Nyamuk Metode 5M

Membasmi nyamuk ini dulu dikenal sebagai 3M dan pada perkembangannya menjadi 5M, yaitu:

Pack of items related to Dengue transmition by Aedes Aegypti Mosquito.

  • Menguras

Jangan biarkan ada genangan air tertinggal di dalam ember atau wadah air lainnya. Anda pun perlu sering membersihkan tempat air seperti tangki (toren) air secara berkala. Tempat seperti wadah tatakan air sisa untuk dispenser pun jangan sampai lupa untuk dikuras, ya!

  • Menutup

Biasakanlah menutup wadah yang umum untuk menampung air. Misalnya ember, bak, dan lainnya. Cara ini dapat membuat nyamuk tidak masuk dan meninggalkan jentik nyamuk di pada air yang menggenang.

  • Mengganti

Apakah anda senang memelihara bunga segar? Nah, wadah bunga alias vas yang diisi air harus diganti secara berkala. Biarpun tak nampak, namun nyamuk menjadikan air di dalam vas sebagai sarang empuk untuk meninggalkan telur. Akuarium pun jangan sampai tertinggal ya!

  • Mengubur

Sampah plastik kerap menampung banyak air ketika hujan turun. Maka dari itu, saat ada sampah plastik, anda sangat disarankan untuk mengubur atau lebih baik membuangnya jauh-jauh dari rumah. Jangan biarkan benda-benda yang tak disadari seperti ini justru menjadi jalan masuk nyamuk untuk berkembang biak di rumah.

  • Menaburkan

Supaya jentik nyamuk di dalam air mati, anda pun disarankan untuk menaburkan bubuk abate. Bubuk abate sendiri sangat mudah dijumpai di pasaran dan murah.

WhatsApp chat