TIPS MEMANFAATKAN RUANG KOSONG

Arsitek Indo Kontraktor – Di setiap sudut rumah atau di bagian depan maupun belakang pasti memiliki lahan kosong, walaupun kecil. Keberadaan yang seringkali di abaikan ini, ternyata bisa kita manfaatkan sebagai ruangan serbaguna loh. Bisa dijadikan tempat penyimpanan atau yang lain. Daripada dibiarkan mubadzir, kita bisa mempercantiknya.

Tidak harus berupa ruangan tertutup, ruangan kosong di bawah tangga,di ujung lorong, dan di sudut ruang tamu pun dapat dimaksimalkan penggunaanya dengan baik. Namun, ada juga memang ruangan kosong yang sulit ditata atau diisi dengan furnitur. Bentuk eksisting bangunan yang tidak ideal biasanya meninggalkan ruangan kosong yang tidak simetris di dalam rumah. Simak beberapa tips memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah

Sulap menjadi ruang kantor kecil

Sulap ruangan kosong yang ada di bawah tangga, dekat jendela atau di sudut ruangan menjadi ruang kantor yang simpel. Dengan menambahkan meja kecil, kursi dan furniture secukupnya. Jangan menambahkan furniture yang useless.

Tempat penyimpanan bawah tangga 

Ruangan kosong dibawah tangga, bisa dijadikan tempat penyimpanan barang yang luas dan nyaman.

Memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga, bisa digunakan untuk tempat menyimpang barang tak terpakai, namun bisa digunakan sebagai rak buku. Dengan sususan yang rapi memudahkan kita untuk mencari barang yang sewaktu waktu dibutuhkan.

Buat ruang pojok yang nyaman 

Ruangan kosong di depan jendela dapat diolah menjadi sarana rekreasi di dalam rumah. Pada ruangan kosong yang terletak pada area transisi antara dua kamar tidur ini bisa ditambahkan rak penyimpanan yang ditempatkan di bawah jendela. Di atasnya, ditambahkan kursi empuk, sementara rak dibagian bawahnya disisipkan buku-buku bacaan.

Seketika ruangan kosong pun bertransformasi jadi pojok baca yang nyaman. Kehadiran cahaya alami membuat aktivitas relaksasi juga bisa dilangsungkan di area ini.

Jadikan Pojok Baca

Perpustakaan mini, bagi anda pecinta buku bisa silahkan dekorasi sekreatif mungkin dan letakkan buku favorit di rak yang sudah disiapkan.

Sudah banyak toko furniture menyediakan lemari buku berbagai ukuran.

Sulap menjadi Ruang Berhias

Jika kamar anda terlalu sempit menaruh meja hias, sedangkan masih banyak area kosong. Sebaiknya gunakan sebagai tempat berhias dan menaruh sepatu atau tas serta pakaian pesta. Dengan begitu, semua lebih tertata rapi dibandingkan harus disatukan dalam satu ruangan kamar

WhatsApp chat