Tips Membersihkan Kolam Renang

Tips Membersihkan Kolam Renang – Jika anda memiliki kolam renang pada rumah anda, pastikan untuk selalu merawatnya secara rutin agar kebersihan dan kejernihan air selalu terjaga. Namun, sebelum membersihkannya, anda perlu mengenali terlebih dahulu komponen penting dari kolam renang. Untuk lebih lanjut mari simak saj artikel kami berikut ini.

Langkah-langkah penting

  • Kenali elemen-elemen kolam renang yang paling penting.
  • Pastikan Anda memiliki water testing kit untuk memeriksa kondisi air dengan akurat.
  • Pastikan pompa bekerja dengan baik dan filter dibersihkan secara teratur.

Cara membersihkan kolam renang

Ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk membersihkan kolam renang. Dianjurkan untuk menggunakan salah satu metode membersihkan kolam renang setidaknya satu kali dalam seminggu.

  • Menggunakan jaring pembersih kolam renang. Jaring pembersih kolam renang paling cocok digunakan untuk mengangkat kotoran dari atas permukaan air, misalnya dedaunan, serangga, ranting pohon, dll. Sebaiknya, segera angkat kotoran untuk mencegah kotoran tenggelam ke dasar kolam.
  • Menggunakan sikat. Gunakan sikat untuk membersihkan lantai dan dinding kolam renang. Menyikat dengan teratur akan mencegah penumpukan lumut yang menempel di lantai dan dinding kolam renang.
  • Menggunakan pengisap kolam renang (pool vacuum). Untuk membersihkan kotoran yang ada di lantai dasar kolam, Anda dapat memilih menggunakan alat pengisap kotoran untuk kolam renang.

Cara membuat air kolam tetap jernih

Mari mengenali beberapa hal yang memainkan peranan penting agar air kolam tetap jernih.

  • Memiliki water testing kit. Supaya dapat memantau kondisi air, sebaiknya Anda memiliki alat pemeriksa kondisi air (water testing kit). Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengecek kadar pH, kadar alkali, dan kadar klorin. Kadar pH yang ideal adalah antara 7,4 sampai 7,6, kadar alkali adalah 100 sampai 150 ppm, dan kadar ideal untuk klorin adalah antara 1 sampai 3 ppm.
  • Menggunakan bahan kimia. Salah satu zat kimia yang paling sering digunakan sebagai cara agar kolam tetap jernih adalah klorin yang juga dikenal dengan sebutan kaporit. Ada dua bentuk klorin yang lazim dijumpai yaitu klorin dalam bentuk butiran (granular) dan dalam bentuk tablet. Baca petunjuk pemakaian klorin dengan cermat sebelum memasukkannya ke kolam.
  • Pompa air. Agar air kolam tetap jernih, pastikan pompa berfungsi dengan baik. Pompa adalah alat penting yang mendorong air bergerak ke arah filter yang bekerja untuk menyaring berbagai jenis kotoran.
  • Filter air. Salah satu cara membuat air kolam jernih adalah dengan memasang sistem penyaringan yang baik. Anda juga dapat membuat filter kolam sendiri dengan menggunakan pasir khusus. Ikuti langkah cara membuatnya di bawah ini.

Cara buat filter kolam dengan pasir

Buat filter kolam renang sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Siapkan wadah plastik yang dilengkapi dengan tutup. Pastikan wadah plastik dapat menampung kurang lebih 40 liter air.
  • Siapkan pasir khusus untuk filter kolam yang dapat Anda beli di toko penyedia perlengkapan kolam renang.
  • Buat dua lubang, satu lubang di tengah tutup wadah dan satu lagi di salah satu sisi wadah, sekitar dua sentimeter dari dasar wadah. Sesuaikan diameter lubang dengan diameter pipa yang akan dihubungkan ke filter.
  • Siapkan pipa dengan panjang sesuai kebutuhan, lalu pasang pipa-pipa melalui dua lubang yang telah dibuat. Satu lubang adalah untuk menghisap air dari kolam renang, lubang yang lain adalah untuk mengalirkan air yang telah disaring ke kolam renang.
  • Isi wadah dengan pasir hingga terisi kurang lebih tiga per empatnya. Tutup wadah dengan rapat.
  • Salah satu cara membuat air kolam jernih adalah dengan membersihkan pasir dalam filter jika warnanya sudah terlihat kehijauan.

Selain merawat kolam renang, Anda juga perlu membersihkan area sekitar kolam renang secara rutin agar penampilan ruang luar rumah Anda tetap terjaga dan area kolam renang aman tidak licin. Jika area sekitar kolam renang Anda dilapisi dengan keramik.

WhatsApp chat