Tips Membuat Dak Beton Yang Baik

Tips Membuat Dak Beton Yang Baik – Elemen konstruksi yang wajib dalam pembangunan sebuah rumah yaitu, pondasi, dinding dan atap. Apakah sudah pernah dengar istilah dak beton? Yuk, simak ulasan menarik tentang dak beton berikut ini yuk!

Istilah Dak Beton

Dak adalah istilah yang berarti pembatas antara lantai bawah dengan lantai yang di atasnya. Tapi dalam kesehariannya, dak juga sering ditujukan sebagai konstruksi yang berada di bagian paling atas. Bahan untuk membuat dak juga berbeda- beda, antara lain dari beton, kayu, dan tanah liat. Nah, dak beton artinya adalah pembatas lantai— termasuk juga bagian atap—yang terbuat dari beton.

Tips Membuat Dak Beton

  1. Hitung dimensi dan besi tulang

Hitung terlebih dahulu dimensi dan jumlah besi tulangan yang pas untuk membuat dak beton sesuai ukuran ruangan. Penggunaan besi yang berlebihan tidak dianjurkan karena malah akan menambah bobot struktur dan boros biaya pembuatan.

  1. Perkiraan ketebalan

Ketebalan dak beton harus cukup untuk menahan gaya tekan. Umumnya dak lantai beton dibuat dengan ketebalan 12 cm, sedangkan untuk atap dak beton rata-rata menggunakan ketebalan minimal 8 cm.

  1. Sesuaikan kualitas

Menyesuaikan antara kualitas dak beton dengan kebutuhan struktur, terutama untuk benda-benda yang akan diletakkan dalam ukuran bobot yang tidak lazim. Misalnya jika ada penambahan brankas pada titik- titik tertentu di lantai atas, maka harus dipertimbangkan.

  1. Perhatikan pengadukan

Perhatikan pengadukan bahan supaya benar-benar homogen (merata). Komposisi bahan adukan tidak terlalu cair ataupun kental, dan tidak muncul segregasi atau butiran terpisah yang berpengaruh pada kualitas pengerjaan dak beton nantinya.

  1. Mengatasi pengerasan dengan air

Menyiram air untuk menghindari pengerasan dak beton sebelum waktunya. Hal ini bisa juga diatasi dengan menaruh kain basah diatas permukaan lain, supaya dak beton tidak terlalu cepat mengeras.

WhatsApp chat