TIPS MEMBUAT RUANG KEDAP SUARA

Jasa Arsitek – Jika kalian merasa terganggung dengan bisingnya suara dari luar, kalian bisa membuat ruang yang kedap suara loh! Jika kalian ingin membuat ruang karaoke di rumah atau ingin membuat ruang belajar yang nyaman dan tenang kalian bisa membuatnya menjadi kedap suara. Ruangan yang kedap suara bisa meredam suara bising dari luar yang kadang sangat menggangu. Berikut tips membuat ruang kedap suara di rumah.

1. Lukisan yang Diam-diam Meredam Bising

ruang kedap suara

Tak perlu repot-repot Anda hanya perlu membeli lukisan dengan media kanvas. Percaya atau tidak, kanvas lukisan ternyata bisa meredam suara bising. Jika tidak ingin membeli, kamu dapat membuat lukisan sendiri. Trik lain agar suara bising semakin samar adalah dengan memasang ubin di belakang frame lukisan. Pastikan ubin dipotong sesuai dengan ukuran lukisan.

2. Tanaman, Menyerap Polusi Sekaligus Suara

ruang kedap suara

Tanaman yang berada di dalam ruangan juga sangat dipercaya bisa mengurangi polusi udara. Selain bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, kebisingan juga akan semakin berkurang. Tanaman yang lebih besar bisa membantu mengurangi kebisingan lebih baik.

3. Manfaat di Balik Memasang Tirai Jendela

ruang kedap suara

Ini salah satu cara paling mudah untuk mengurangi polusi udara di ruangan. Coba menggunakan beberapa lapis tirai untuk membantu meredakan suara bising yang bisa masuk ke rumah. Pastikan untuk memasang tirai pada lebih dari satu titik ruangan di rumah.

4. Wajib Ada Karpet!

ruang kedap suara

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau karpet sangat disarankan untuk meredam suara di dalam rumah. Ya, kamu hanya tinggal berkreasi menempatkan karpet di beberapa ruangan atau langsung menggantung di dinding. Karpet yang digantung ini juga bisa mengurangi masalah gema di dalam ruangan.

5. Makin Banyak Rak Buku, Makin Redam Bising

ruang kedap suara

Jika rumah berbagi tembok dengan tetangga, trik ini adalah pilihan yang paling tepat. Kamu hanya perlu menempatkan rak buku dan isi dengan berbagai buku-buku favorit. Semakin banyak buku yang kamu taruh, semakin baik pula efek yang dihasilkan.

6. Perbaiki jendela

Untuk memastikan suara bising tidak menyelinap melalui sela-sela jendela, Zillow menyarankan agar Anda memasang weather stripping di setiap jendela rumah. Weather stripping adalah metode mengisi setiap celah yang ada di jendela atau pintu dengan menggunakan karet khusus. Anda juga bisa mengganti setiap jendela dengan kaca tiga panel untuk meredam suara dari luar ruangan.

7. Aplikasikan cat peredam suara

Ya, ternyata ada cat yang berfungsi meredam suara dari luar ruangan. Cat ini diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan sampai 30 persen. Meski masih terdengar langka, namun ada perusahaan cat multinasional, seperti Serenity Coating, yang mulai memproduksi cat ini untuk mengurangi suara yang tidak diinginkan.

Nah tadi beberapa bahan yang bisa membuat ruangan menjadi kedap suara. Agar mengurangi bising dari luar, yuk dekorasi ruangan menjadi kedap suara. Semoga bermanfaat . . .

WhatsApp chat