Tips Memilih Meja Belajar Anak

Tips Memilih Meja Belajar Anak – Meja belajar merupakan elemen yang harus ada dalam kamar anak. Apalagi jika memiliki desain yang sangat lucu, pastinya anak akan semangat dan nyaman untuk belajar. Nah, tapi jangan salah memilih meja belajar untuk kamar anakmu ya! Mari simak saja tips di bawah ini ya!

 

  1. Perhatikan Bahannya

Material meja belajar anak haruslah bahan yang ramah lingkungan dan ramah kesehatan untuk anak. Bahannya haruslah yang kuat, namun ringan (agar mudah dipindah), tidak mudah menyimpan debu dan mudah dibersihkan, serta tidak mudah berjamur atau menimbulkan lembab untuk ruangan.

  1. Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Memilih ukuran meja belajar untuk anak juga harus memerhatikan luas ruangan. Bila meja belajar terlalu besar, akan mengurangi ruangan bermain anak dan tentu hal ini akan membuat anak merasa kurang nyaman. Anak membutuhkan ruangan yang luas untuk belajar dan bermain. Selain ukuran, model, tipe dan warna juga kesesuaian dengan tema kamar yang telah dipilih.

  1. Pertimbangkan Meja Belajar yang ‘Panjang Umur’

Selain memilih bahan dan model meja belajar yang sesuai dengan tema dan keingianan anak, yang perlu dipertimbangkan adalah memilih meja belajar anak yang dapat dipergunakan untuk jangka waktu yang lama.

  1. Sesuaikan Dengan Tema Kamar Anak

Tipe dan model serta motifnya sebaiknya disesuaikan dengan tema kamar anak. Terdapat banyak pilihan meja belajar dengan motif anime atau kartun kesukaan anak. Pilihan ini tentu akan membuat anak semakin rajin serta semangat belajar. Selain pilihan motif karakter kesukaan anak, yang dapat dijadikan pertimbangan adalah warna meja belajar yang disesuaikan dengan tema kamar yang telah disiapkan sebelumnya. Warna netral dapat menjadi pilihan bila tema kamar sudah terlalu colorfull pada wallpaper atau perabot yang lainnya. Meja belajar dengan warna netral pada tema kamar anak yang sudah colorfull akan membuat desain kamar tidak semakin ramai, sebaliknya dapat menyeimbangkan suasana kamar.

  1. Penempatan Meja Belajar

Setelah memilih meja belajar yang sesuai model, peruntukkan usia anak, warna dan tema serta bahan, yang tidak kalah penting adalah menempatkan meja belajar tersebut pada posisi yang tepat di area kamar anak. Yang harus diperhatikan adalah pada sisi bagian mana meja itu diletakkan dan pencahayaan yang akan mendukung belajar anak.

 

WhatsApp chat