Tips Memilih Rak Buku yang Tepat

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Rak buku adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan buku buku koleksi. Bagi kamu yang suka mengoleksi buku, kamu tentu akan membuatuhkan rak buku untuk menyimpan koleksi koleksi bukumu bukan? Memilih rak buku tidak boleh asal asalan. Agar menambah estetika rumah kamu, kamu harus memilh furniture yang tepat kan? Nah, di artikel ini akan dibahas tentang tips memilih rak buku yang tepat.

1. Ukuran Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli rak buku adalah mengukur ruangan dimana rak buku itu akan ditempatkan. Selain mengukur luas lantai, Anda juga harus mengukur dinding dan tinggi langit-langit ruangan. Pastikan juga ada cukup ruangan untuk berjalan di antara rak-rak buku untuk mempermudah mengambil koleksi buku favorit anda. Dengan memastikan ukuran ruangan, akan menghindarkan Anda membeli rak buku yang terlalu besar atau rak buku yang terlalu kecil.

2.  Isi Rak Buku

Tak hanya untuk menyimpan buku, rak buku juga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang lain seperti contohnya seperti pajangan, foto, maupun koleksi vcd film favorit Anda. Dengan membuat daftar barang apa saja yang akan disimpan di rak buku nanti, akan membantu Anda dalam memilih ukuran dan jenis rak buku yang dibutuhkan. Pastikan memilih rak buku yang sesuai dengan kebutuhan, maupun yang sesuai dengan tema ruangan Anda.

3.  Pertimbangkan Rak Buku Tertutup

Salah satu manfaat memiliki rak buku tertutup, buku-buku anda akan terhindar dari debu. Pintu rak buku yang terbuat dari kayu adalah pilihan bagus bila anda ingin menyembunyikan “kekacauan” di dalamnya, tapi bila anda anda ingin memamerkan koleksi buku-buku anda, anda bisa memilih rak buku dengan pintu yang terbuat dari kaca.

4. Sesuaikan Lemari Buku Dengan Furniture Lainnya

Saat akan membeli rak buku, sesuaikan gaya, bahan, dan warnanya dengan furniture dan tema ruangan anda. Misalnya rak buku dengan gaya sturdy bookshelf (rak buku klasik kayu) tidak akan cocok untuk ruangan dengan gaya modern. Dan sebagai gantinya, anda bisa rak buku minimalis untuk ruangan bergaya modern.

WhatsApp chat