TIPS MEMILIH SOFA RUANG TAMU

Arsitek Indo Kontraktor – Memilih sofa untuk ruang tamu merupakan hal yang mudah namun susah,perlu tips tersendiri. Memilih sofa harus mempunyai perencanaan yang baik. Karena sofa akan digunakan jangka panjang.

Kita tidak mau kan kalau sofa yang kita beli akan rusak, padahal baru beberapa bulan di belinya. Ada begitu banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan, contohnya warna, bentuk, ukuran, tingkat kenyamanan, dan masih banyak lagi. Tidak heran bila sebagian besar orang merasa kewalahan dalam memilih sofa yang tepat. Berikut merupakan tips yang dapat digunakan untuk memilih sofa sebelum membelinya.

Pilih ukuran sofa yang tepat

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan dalam memilih sofa ruang tamu adalah memilih sofa dengan ukuran yang tidak proporsional, entah terlalu besar atau terlalu kecil. Pastikan untuk mengukur luas ruang tamu, dan sisakan ruang agar Anda dapat bergerak  dengan bebas.

Pilih Rangka Sofa yang kuat dan berkualitas

Untuk memastikan bahwa sofa tersebut akan bertahan di tahun-tahun yang akan datang. Rangka sofa yang terbuat dari kayu solid merupakan pilihan yang cukup baik karena material ini dikenal kokoh dan tahan lama. Hindari material seperti plywood standar, papan kayu partikel, dan medium density fiberboard.

Busa yang berkualitas

Penggunaan busa yang berkualitas akan menjamin kenyamanan sofa ruang tamu dalam jangka waktu lama. Hindari memilih sofa dengan busa yang terlalu empuk ataupun terlalu keras karena akan cepat berubah bentuk dan pastinya tidak akan terasa nyaman.

Perhatikan Pelapis Sofanya

Anda perlu memperhatikan aspek estetika dan fungsionalitas. Material pelapis berbahan suede memang terlihat sangat cantik, namun tidak cocok digunakan dalam rumah yang memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan karena mudah rusak. Ada berbagai jenis material atau bahan pelapis yang tersedia di pasaran mulai dari bahan  katun, linen, rayon, velvet, polyester, dan kulit. Pilihlah bahan pelapis yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Pilih Warna dan Desain Sofa yang sesuai dengan rumah anda

Untuk tampilan yang cantik, Anda perlu menyesuaikan model dan gaya dari sofa ruang tamu dengan desain rumah Anda secara keseluruhan. Untuk membantu memilih warna sofa yang sesuai, perhatikan warna lantai serta warna furnitur lain yang ada di ruang tamu. Anda bisa memilih warna terang, bermotif, atau untuk lebi amannya, gunakan warna netral. Sofa dengan warna terang akan menjadi focal point dalam ruang tamu.

Coba dulu sebelum membeli

Ukuran kenyamanan sofa sangatlah bervariasi sehingga sangatlah penting bagi Anda untuk mencobanya terlebih dahulu agar bisa menemukan sofa yang tepat. Apakah Anda bisa bersandar dengan nyaman? Apakah kaki Anda dapat menapak lantai dengan nyaman? Pilihlah sofa yang membuat Anda dan tamu Anda dapat merasa nyaman.

WhatsApp chat