Tips Mencegah Rangka Baja Berkarat

Tips Mencegah Rangka Baja Berkara – Baja merupakan salah satu material yang saat ini sedang populer, banyak diminati karena keunggulannya. Salah satu keunggulannya yaitu tidak keropos, lebih awet dan anti karat. Tapi meskipun memiliki lapisan anti karat, ada kemungkinan jika baja tetap terkena karat. Kira-kira ada tidak ya cara mencegah agar baja tidak berkarat? Simak saja yuk pembahasan kami berikut ini.

  1. Lapisi Cat

Baja akan terkena udara jika lapisan antikaratnya tergores, bisa karena pemotongan yang salah atau bekas sambungan yang terbuka. Hal ini bisa dicegah dengan mengurangi kesalahan pasang ragka baja. Karat pada baja dihasilkan dari adanya reaksi kimia yang terjadi antara baja dengan udara. Untuk mencegah terjadinya karat, Anda bisa langsung mengecat permukaan baja yang terbuka.

  1. Hindari Cairan Asam

Cairan asam yang terkena permukaan baja akan membuat lapisan atikarat menjadi terkelupas dna tentu akan menghasilkan karat pada baja. Pada umumnya, cairan asam ini terdapat pada produk pembersih lantai. Untuk menghindari terjadinya karat, Anda perlu memperhatikan penyimpanan baja agar jauh dari cairan tersebut.

  1. Hindari Panas atau Hujan

Terpaan cuaca panas atau hujan secara terus-menerus akan membuat daya tahan lapisan antikarat yang ada pada baja menjadi berkurang. Pada akhirnya hal ini akan memunculkan karat dengan lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya baja ditempatkan di dalam ruangan yang tertutup dan hindari proses pembangunan saat musim hujan.

  1. Hindari Semen

Jauhkan baja dari adonan semen karena jika semen menempel pada baja maka akan berpotensi merusak lapisan antikarat pada baja. Anda juga harus menghindari penggunaan semen untuk atap yang langsung diaplikasikan langsung di bagian atas baja. Untuk menghindarinya, Anda disarankan untuk membuat pembatas berupa lapisan kedap air.

WhatsApp chat