Tips Mendekor Dapur Kecil Anda

Tips Mendekor Dapur Kecil Anda – Jika kamu sangat senang memasak atau membuat kue, pastinya kamu menginginkan desain dapur yang bisa membuat kamu nyaman berlama-lama berada di dapur. Nah, untuk itu ubah dulu yuk dekorasi dapur kamu lebih menarik lagi. Tapi, kamu bingung bagaimana cara mendekornya karena dapur kecil? Tak perlu khawatir kami akan memberikan tips untuk menjawab permasalahan kamu lho.

 

 

  1. Mengatasi Keterbatasan Storage pada Dekorasi Dapur Kecil

Masalah yang sering kita temukan pada dapur kecil adalah kurangnya storage untuk menyimpan peralatan dapur dan bumbu masak. Jika kita tidak bisa mempersiapkan storage yang cukup, tentu saja dapur akan terlihat berantakan.

Selain itu, dapur yang rapi akan membuat proses memasak lebih nyaman serta higienis. Untuk menyiasatinya, ini beberapa cara yang bisa kamu praktikkan: Pasanglah laci atau kabinet khusus berbentuk segitiga untuk menyimpan bumbu di sudut dapur; Buatlah kabinet yang menyentuh langit-langit untuk ekstra storage.

  1. Membuat Tema yang Simpel

Mengecat dapur dengan warna putih adalah teknik klasik untuk “memanipulasi” ruangan yang sempit. Pengaplikasian warna ini memberikan ilusi sempurna yang membuat ruang terasa lebih lega.

Selain itu, alat-alat dapur yang ringan dan memantulkan cahaya dengan desain minimalis adalah pilihan terbaik jika ingin dekorasi dapur kecil yang membuka ruang.

Kamu bisa mulai mendekor dapur dengan memasang: Kabinet dengan kaca putih atau buram; Meja dapur yang dilapisi besi tahan karat; dan Ubin dengan tema warna putih.

  1. Memastikan Fungsi Kabinet Bekerja dengan Sempurna

Dekorasi dapur kecil yang baik, mengharuskan kita untuk menggunakan segala sesuatu seefisien mungkin. Tak terkecuali dalam penggunaan kabinet. Peletakannya yang tepat dan ideal adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan.

Kamu juga harus memastikan apakah pintu kabinet bisa terbuka dengan sempurna dan tidak terbentur dengan pintu yang lain saat dibuka. Selain itu, agar lebih efisien, pemasangan kabinet yang dekat dengan dapur akan membuat proses memasak jadi lebih cepat.

  1. Membuat Ventilasi yang Baik

Mentang-mentang dapur memiliki ruang yang kecil, tidak sedikit orang melupakan pentingnya keberadaan ventilasi. Padahal, tanpa ventilasi yang baik, akan banyak masalah yang muncul di dapur seperti minyak yang menempel, kepulan asap, dan dapur yang berbau.

Maka dari itu, kamu harus tetap memerhatikan ventilasi dengan cara memasang hood penyedot asap yang sesuai engan kapasitas memasak sehari-hari. Selain itu, psatikan juga penyedot asap yang kamu pasang dilengkapi dengan peredam suara sehingga dapur tidak mengeluarkan suara yang memekakkan telinga.

  1. Memastikan Dapur Memiliki Penerangan yang Baik

Kegiatan di dapur membutuhkan ketelitian yang ekstra. Untuk itu, dibutuhkan pencahayaan yang baik untk memastikan kegiatan masak berjalan dengan lancar. Area-area yang perlu diperhatikan pencahayaannya ketika memasak adalah sebagai berikut:

  • Area memasak
  • Countertop
  • Area mencuci
  • Area memanggang

Selain itu, jatuhnya bayangan di dapur adalah hal lain yang harus diperhatikan juga. Untuk itu, jangan lupa untuk menambah penerangan-penerangan kecil di area tersebut.

  1. Tambahkan Elemen Hijau

Jangan sampai melupakan elemen hijau di dapurmu. Meskipun ruang di area tersebut terbatas, keberadaan tanaman tidak boleh sampai dikesampingkan. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dari menyimpan tanaman di dapur.

Salah satunya adalah mendinginkan suhu saat cuaca di daerahmu sedang panas-panasnya. Selain itu, keberadaan tanaman juga terbukti bisa meningkatkan mood.

  1. Pamerkan Piring-piring dengan Motif Lucu

Karena keterbatasan ruang, biasanya orang-orang yang memiliki dapur kecil lebih memilih rak terbuka untuk menyimpan piring mereka. Hal ini dilakukan karena rak tersebut tidak akan memakan tempat. Dengan rak seperti ini, kamu memiliki kesempatan untuk memerkan piring yang warna-warni atau piring dengan pola yang cantik dan lucu.

WhatsApp chat