TIPS MENGATUR RUANG BERMAIN ANAK

Arsitek Indo Kontraktor–   Bermain adalah kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap anak, Maka penting bagi para orang tua untuk menyiapkan ruang bermain bagi anaknya, Agar anak betah di rumah. Berikut adalah beberapa tips mengatur ruang bermain anak.

1. Desain

1. Desain

38spatial.com

Saat mendesain ruang bermain ajak anak berdiskusi tema yang dia inginkan, misalnya anak gemar dengan Luar Angkasa.

Anda  bisa menciptakan ruang bermain dengan tema luar angkasa lengkap dengan wallpaper planet planet, dan berbagai elemen tata surya lainnya.

Jangan lupa, ajak juga anak anda untuk menentukan warna cat yang dipilih untuk diaplikasikan pada wallpaper ruang bermainnya.

2. Furnitur

2. Furnitur

idolza.com

Meja dan kursi menjadi furnitur wajib ada di dalam ruang bermain anak.

Sebaiknya pilih furnitur yang terbuat dari material aman untuk anak, misalnya kayu atau polypropylene plastic. Selain aman, material ini pun mudah untuk dibersihkan.

Selain meja dan kursi untuk menulis dan menggambar, juga bisa ditambah bean bags atau pouf lembut yang akan diletakkan pada ruang bermain guna tempat duduk untuk membaca buku favorit dengan lebih nyaman.

Harus diingat, furnitur di ruang bermain jangan terlalu banyak karena anak membutuhkan ruang untuk beraktivitas yang tidak menghambat alur gerakannya.

 

3. Tempat Penyimpanan

3. Storage (Tempat Penyimpanan)

theringojets.com

Berbagai mainan anakl yang jumlahnya banyak dengan berbagai ukuran, harus disimpan dan ditata dalam ruang bermain.

Oleh karena itu anda dapat membuat storage yang dapat menyimpan semua mainan dengan ukuran yang mudah dijangkau oleh anak.

Selain itu storage pun dapat dibuat secara custom dengan barbagai model yang dapat merangsang daya imajinasi anak, misal berbentuk rumah atau pohon.

5. Minim Elektronik

5. Minim Elektronik

38spatial.com

Hindari meletakkan barang elektronik seperti televisi atau laptop di ruang bermain anak, dikhawatirkan anak akan sibuk menonton TV daripada bermain.

Namun, anda bisa meletakkan portable CD player yang berfungsi memutarkan lagu-lagu anak favoritnya untuk menemani saat bermain

 

6. Lantai Ruangan

6. Lantai Ruangan

lifeforia.com

Jika anda memutuskan untuk memakai karpet, pilihlah karpet yang mudah dibersihkan dari noda. Selain itu pilih karpet yang tidak mudah terbakar dan terbuat dari material yang aman, tidak mengandung zat beracun dan non-alergik.

Atau untuk alternatif lain, anda dapat memilih playmat yang tebal agar menambah kenyamanan anak saat bermain.

 

7. Penyejuk Ruangan

7. Penyejuk Ruangan

pinterest.com

Jika memungkinkan, pasangkan pendingin ruangan (AC) di ruang bermain dengan suhu 20-27 derajat Celsius.

Rentang suhu ini pun cukup nyaman bagi anak saat beraktivitas dan bermain di dalam ruangan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan di ruang bermain anak agar terlihat lebih menyenangkan dan nyaman.

WhatsApp chat