Tips Menghilangkan Noda Membandel Di Kamar Mandi

Tips Menghilangkan Noda Membandel Di Kamar Mandi – Kamar mandi merupakan tempat yang mudah terserang noda, hal ini disebabkan kotoran, sisa sabun ataupun shampoo. Penyebab tadi akan membuat noda di keramik, jika tidak rajin dibersihkan akan menyebabkan keramik berkerak dan akan susah untuk di bersihkan. Nah, berikut kami akan memberikan tips menghilangkan noda membandel pada kamar mandi.

  1. Menggunakan Garam

Lumut biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembab, tak terkecuali di kamar mandi. Jika kamar mandi anda tak berventilasi cukup dan tak rajin melakukan perawatan, lumut akan mudah timbul.

Jika dibiarkan, lumut tersebut akan meninggalkan noda bekas, membuat bangunan rapuh, dan juga membuat licin.

Untuk membersihkannya, anda ternyata bisa membasminya hanya menggunakan garam.

Caranya, yakni dengan memasukkan sekitar 3 sendok garam ke dalam 2 liter air. Setelah itu, rebus hingga larutan mendidih dan garam larut sempurna. Saat masih panas, siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut. Setelah itu, sikat permukaan sampai bersih. Setelah dibilas, kamu bisa mengulangi langkah yang sama sekali lagi untuk hasil yang lebih memuaskan.

  1. Dengan Asam Cuka

Kerak muncul akibat kamar mandi yang jarang dibersihkan. Akibatnya, cairan bekas sabun atau noda jamur dan lumut akhirnya mengering dan menjadi kerak yang tak indah dipandang. Untuk menghilangkan noda kerak, anda hanya perlu menggunakan asam cuka.

Caranya, campurkan larutan asam cuka dan air dengan perbandingan 1 banding 1. Setelah itu, siramkan larutan tersebut ke setiap sudut kamar mandi yang berkerak. Jika sudah disiram merata, gosok bagian yang berkerak hingga bersih.

Jika noda kerak masih bersisa dan sulit dihilangkan, anda bisa coba menyiramnya dengan hanya menggunakan larutan asam cuka tanpa dicampur air. Gosok dengan sedikit lebih keras untuk mengangkat kerak yang ada di lantai kamar mandi.

  1. Dengan Air Lemon

Keran atau pancuran air lazim ditemukan di kamar mandi. Tips menghilangkan noda karat ini juga bisa diterapkan di setiap benda yang berkarat.

Untuk mengatasinya, anda tidak harus membeli keran yang baru atupun membeli bahan kimia penghilang karat. Cukup dengan bantuan air jeruk lemon, anda sudah bisa membuat keran bersih kembali. Kandungan asam yang tinggi pada lemon dipercaya ampuh atasi kerak. Jika ingin hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkannya dengan garam.

Menggunakan lemon yang sudah diiris, gosokkan buah tersebut ke permukaan benda yang berkarat. Setelah itu, gosok dengan sikat yang berbahan keras dan bilas hingga bersih.

Jika ingin menggunakan campuran garam, caranya adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan garam. Setelah itu, oleskan merata pada bagian yang berkarat. Diamkan selama 2 hingga 3 jam lalu gosok dengan kain lap atau sikat berbahan keras.

  1. Dengan Sitrun

Lantai keramik yang kotor dalam kamar mandi juga menjadi sarang berkembang biaknya bakteri.

Tak perlu membeli produk pembersih keramik yang mahal harganya, noda-noda yang menempel pada lantai keramik bisa diatasi hanya menggunakan sitrun. Bahan ini juga mudah ditemukan dan bisa dibeli di beberapa toko kue dan bahan makanan.

Setelah menyikat bagian lantai kamar mandi, kemudian basahi dengan air. Setelah itu, taburkan sitrun di bagian keramik yang bernoda. Biarkan selama lebih kurang 1 jam atau lebih untuk hasil yang maksimal.

Jika sudah, sikat bagian keramik yang sudah ditaburi sitrun dengan sikat kamar mandi. Kemudian, bilas bersih menggunakan air dan lantai keramik kamar mandi anda akan bersih mengkilap kembali.

  1. Dengan Baking Soda Atau Belimbing Wuluh

Satu lagi masalah noda di kamar mandi yang kerap membuat risih. Yap, apalagi kalau bukan noda-noda bandel yang membekas, baik di permukaan kloset maupun di saluran pembuangannya.

Jika mengalami hal yang sama, tenang saja, anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan bahan alami. Ada dua cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi noda di kloset. Pertama, yakni menggunakan baking soda.

Untuk baking soda, anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan mencampurnya bersama cuka. Setelah tercampur rata, sebarkan bahan tersebut ke seluruh permukaan kloset dan tunggu hingga semalam untuk dibilas.

Selain baking soda, anda juga bisa menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh atau belimbing satur ini dikenal memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya mampu membersihkan noda-noda membandel seperti yang kerap ditemukan di kloset kamar mandi.

Caranya adalah dengan menggosokkan belimbing wuluh yang sudah dipotong ke seluruh permukaan kloset yang tampak kuning. Setelah itu, biarkan hingga mengering. Jika sudah sikat dan bilas permukaan kloset menggunakan air bersih.

  1. Dengan Kaporit

Kaporit selain dikenal sebagai pembersih keramik yang kusam, kaporit juga dapat menghilangkan noda kerak pada dinding dan lantai kamar mandi. Bahan kimia yang dipakai sebagai disinfektan air di kolam renang ini dikenal sebagai pembersih kerak paling ampuh.

Saat ini cukup mudah untuk memperoleh kaporit di toko bahan-bahan kimia. Kaporit dikenal sebagai pembersih kerak yang cukup ampuh. Anda dapat menggunakan kaporit jika kerak yang melekat pada dinding sulit dibersihkan karena telah menahun.

Caranya adalah siram lantai dan dinding kamar mandi yang berkerak dengan air panas yang baru saja mendidih. Taburkan bubuk kaporit di seluruh keramik yang berkerak dan diamkan selama 30 menit agar kaporitnya mengikis kerak pada keramik. Gosok dinding dan lantai kamar mandi dengan sikat. Gunakan tenaga ketika menggosok agar seluruh keraknya turut luntur terbawa oleh sisa kaporit. Bilas keramik dengan air bersih (tidak perlu menggunakan air panas).

WhatsApp chat