Tips Menjaga Kebersihan dan Kesegaran Udara Di Rumah

Tips Menjaga Kebersihan dan Kesegaran Udara Di Rumah

Arsitek Malang – Memiliki rumah nyaman adalah impian setiap orang. Namun tidak hanya nyaman, rumah juga harus bersih dan sehat. Dengan cara menjaga kebersihan yang ada dirumah. Gak sulit kok menjaga kebersihan rumah, mari kita lihat tipsnya berikut ini.

Perhatikan sirkulasi udara

 

Ini bisa kamu lakukan dengan sering membuka pintu dan jendela rumah lebar-lebar agar udara bisa bersirkulasi. Tujuannya adalah untuk mengganti udara yang sudah dipenuhi racun dengan udara baru yang lebih segar. Selain itu, hal ini juga bisa meminimalisir kelembapan udara yang mengendap dan bisa menjadi sarang bakteri. Cara ini sekaligus menjadi cara alami dan lebih hemat untuk membersihkan udara. Untuk menambahkan kesegaran, kamu bisa memasang aromaterapi yang juga punya manfaat buat kesehatan dan relaksasi tubuh sekaligus.

 

 

Letakkan ventilasi di ruangan yang tepat

 

 

Ventilasi dibuat untuk mengurangi kelembapan udara di dalam rumah. Buat ventilasi di tempat-tempat tertentu seperti kamar, kamar mandi, dan dapur. Adanya ventilasi memungkinkan uap keluar dari kamar mandi sehingga mencegah pertumbuhan jamur. Ventilasi juga memungkinkan adanya pertukaran udara dan mengurangi tingkat nitrogen dioksida yang dihasilkan dari kompor gas.

 

 

 

Baca juga : KENALI VENTILASI IDEAL

Pelihara tanaman hias

 

 

Selain memperindah tatanan rumah yang tengah jadi tren, tanaman hias bisa bantu kamu untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari, agar lebih tahan lama. Beberapa tanaman rumah, seperti lidah mertua, lidah buaya, lili, pakis dan sri rezeki, memiliki manfaat untuk membersihkan udara dengan menyedot racun dan memberikan oksigen ke seluruh ruangan.

 

 

Gunakan pembersih atau penyaring udara

 

Pembersih udara atau air purifier  kini sudah marak menjadi senjata andalan dalam membersihkan udara di rumah. Fungsinya pun sangat banyak dalam memusnahkan bakteri dan jamur, serta menghilangkan bau, racun, atau kontaminasi lainnya dari udara. Sudah pasti ini bisa jadi investasi kesehatan yang patut kamu pertimbangkan.

 

 

 

Selalu jaga kebersihan karpet

 

 

Meletakkan karpet di beberapa bagian rumah memang bisa menambah estetika. Tapi kamu juga pasti sudah tahu kan kalau karpet juga bisa menyimpan debu, kotoran, racun, dan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan kamu. Nah, makanya kamu perlu memberikan atensi lebih untuk membersihkannya secara rutin dengan vacuum cleaner yang kamu miliki agar kesehatan dan kebersihan udara senantiasa terjaga.

 

 

Jadwalkan servis berkala untuk pendingin ruangan (AC)

 

Selain karpet, AC juga memiliki potensi menjadi tempat berkembangnya kuman dan jamur, terutama jika benda tersebut jarang digunakan. Jika kamu menggunakan AC di rumah, sebaiknya sering lakukan pembersihan seperti mengganti air dan mengganti penyaringnya agar udara yang bersirkulasi tidak tercemar, dan kamu tetap bisa menghirup udara segar. Dengan perawatan yang baik dan teratur akan mengurangi kemungkinan munculnya kuman dan jamur.

 

Bebaskan rumah dari sampah

 

 

Sisa makanan, tisu toilet, dan bungkus makanan yang menumpuk di tempat sampah harus rajin kamu buang. Jangan sampai sampah-sampah tersebut tersimpan lama. Selain menimbulkan bau kurang sedap, ini juga bisa mengganggu kelegaan napas di area rumah dan memicu alergi. Dalam mencari tempat sampah, ada baiknya juga kamu memilih yang tertutup agar aroma yang kurang sedap juga bakteri enggak mencemari udara di dalam rumah.

 

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *