Tips Menjaga Suhu Udara Di Rumah

Tips Menjaga Suhu Udara Di Rumah – Suhu udara di beberapa wilayah di Indonesia cenderung meningkat sehingga menyebabkan panas yang sangat ekstrim. Buatlah suhu udara pada rumah anda tetap optimal, bagaimana caranya? Yuk, simak artikel kami di bawah ini!

Manfaatkan Tirai Sebagai Penutup Jendela

Sebanyak 30 persen suhu udara panas didistribusikan melalui jendela. Agar suhu udara di dalam rumah tetap optimal, jangan biarkan jendela rumah terbuka secara bebas.

Manfaatkan tirai atau gorden sebagai penutup jendela sehingga suhu udara panas bisa dipantulkan kembali ke luar. Jangan lupa, gunakan tirai berwarna putih agar suhu ruangan tidak bertambah panas.

Ciptakan Ventilasi Silang

Melengkapi hunian dengan beberapa titik keluar masuk udara dapat mengatasi suhu udara panas di dalam ruangan. Maka, tak ada salahnya untuk menciptakan ventilasi silang di dalam hunian anda seperti memasang pintu berhadapan dengan jendela dinding yang berlawanan arah.

Saat pagi hari atau sebelum matahari menyoroti rumah anda, silakan buka semua pintu dan jendela beberapa saat dan batasi akses pintu dan jendela saat menjelang siang hari agar suhu udara tetap optimal.

Buka Pintu di Dalam Rumah

Pintu ruangan yang tertutup cenderung membuat suhu udara bertambah panas karena terjebak di dalam rumah. Untuk mengatasi hal ini, buka semua pintu yang menghadap ke dalam rumah, misalnya pintu kamar tidur ataupun pintu kamar mandi supaya hawa dan suhu udara di dalam ruangan terus bergerak dan membuat suasana di dalam rumah tetap sejuk.

Cat Atap dengan Warna Putih

Berdasarkan studi, warna putih terbukti memantulkan cahaya sehingga bermanfaat untuk mencegah suhu udara di sekitarnya naik. Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pengaplikasian warna putih pada atap rumah anda.

Sebisa mungkin, hindari aplikasi warna gelap pada eksterior bangunan dan pilih skema ruangan dengan warna cerah untuk menjaga suhu udara agar tetap optimal.

Manfaatkan Tanaman

Kehadiran tanaman di lingkungan rumah secara efektif membantu mengurangi suhu udara panas karena dapat melepaskan oksigen melalui proses respirasi. Bahkan, penggunaan tanah sebagai media tanam pun dapat menyerap panas yang dihasilkan dari sinar matahari.

Maka, tak ada salahnya untuk menempatkan sejumlah pot berisi tanaman di lingkungan rumah, misalnya di depan jendela, di area teras atau di balkon rumah anda. Jika area hunian anda terbatas, anda juga bisa menciptakan taman vertikal di salah satu dinding rumah untuk menambah kesejukan dan menjaga suhu udara.

Kelola Penggunaan Alat Elektronik

Untuk menstabilkan suhu udara di dalam rumah, sebaiknya kamu lebih bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Mulai saat ini, saatnya mengganti lampu konvensional dengan lampu LED karena dapat meminimalisir panas. Jangan lupa, mematikan juga peralatan elektronik yang sudah tidak anda pakai karena dapat memproduksi panas.

Pasang Kanopi di Bagian Depan Rumah

Pemasangan kanopi di area depan rumah juga secara efektif dapat meminimalisir cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Selain dapat menghalau suhu udara panas, pemasangan kanopi juga dapat melindungi kendaraan ataupun furnitur outdoor dari kerusakan akibat paparan langsung sinar matahari sekaligus menyempurnakan tampilan eksterior rumah agar tampil menawan.

WhatsApp chat