Tips Merawat Batu Alam

Tips Merawat Batu AlamBanyak rumah menggunakan batu alam untuk bagian eksterior dinding maupun lantai rumah. Ada beberapa orang bilang memasang batu alam dirumah akan terlihat alami saat dipandang dan memberikan kesan yang sejuk, ada pula yang memasang batu alam hanya untuk menaikan nilai jual rumahnya. Penggunaan meterial bahan bangunan batu alam juga memerlukan perawatan untuk menjaga kesan alami dan juga warna batunya supaya tetap terlihat alami pada saat dipandang dan tidak cepat berlumut. Berikut kami berikan tips simple merawat batu alam untuk Anda.

1. Melakukan coating awal batu alam

Coating batu alam ini dilakukan pada saat finishing pemasangan batu alam, coatingnya juga harus sesuai dengan karakter tekstur batu alamnya. Coating glossy misalnya di gunakan untuk batu alam andesit, batu palimanan, batu palem bobos, batu templek, dan lain-lain, untuk coating natural digunakan untuk batu alam paras jogja atau batu alam yang memiliki warna cerah, dan lain lagi untuk batu alam candi hitam yang menggunakan coating khusus batu berwarna hitam.

2. Harus sering di semprot dengan semprotan air yang keras

Kotoran di dinding atau lantai yang dipasang batu alam biasanya hanya melekat di pemukaannya saja, untuk membersihkannya cukup dengan di semprotkan dengan air yang keras sehingga kotoran-kotoran yang melekat pada batu dapat mudah terbawa air. Usahakan perawatan ini harus sering-sering dilakukan untuk mejaga kebersihan batu alamnya agar tidak berkerak atau berlumut.

3. Gunakan kuas atau sikat kawat

Jika ada kotoran yang susah dibersihkan dengan cara di semprot air harus menggunakan kuas dan sikat kawat untuk pengaplikasiannya menggunakan bahan material batu alam andesit karena teksturenya yang keras sehingga tidak merusak tekstur batunya. Untuk batu alam yang teksturnya lunak sepeti batu alam palimanan atau batu alam paras jogja sebaiknya menggunakan kuas atau ampelas dikit bagian yang susah dibersihkannya.

4. Bersihkan dengan cairan pembersih lantai

Ketinggalan nih untuk pembersihan kotoran batu alam juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai yang biasa digunakan sehari-hari untuk membersihkan rumah anda.

5. Periksa coating batu alam

Setelah dibersihkan dengan cara-cara diatas diamkan dulu sampai mengering dan lihat apakah coating batunya masih bagus atau sudah ada yang pudar. Untuk mengetahuinya perhatikan perbedaannya kalau coatingnya masih bagus terlihat warna batunya lebih cerah dan kalau sudah pudar akan terlihat lebih kusam. Jika sudah pudar segera lakukan coating ulang untuk melindungi kembali dari lumut.

Selain cara-cara merawat batu alam diatas juga tetap harus menjaga kebersihan rumah, misalnya untuk lantai batu alam tarulah keset dipintu depan agar kotoran debu dan yang tersaungkut di sepatu bisa dibersihkan dulu di keset yang telah disediakan. Merawat batu alam sendiri juga bisa karena tidak terlalu susah akan tetapi harus melakukannya dengan rutin seperti melakukan coating ulang satu tahun sekali. Dengan perawatan batu alam untuk eksterior lantai dan dinding batu alam anda akan tetap terlihat alami dan berkesan sejuk setiap melihatnya.

WhatsApp chat