Tips Merawat Lantai Vinyl

Arsitek Malang – Lantai vinyl merupakan salah satu jenis lantai yang mudah dibersihkan. Biasanya digunakan untuk lantai dapur. Selain dapat bertahan lama, lantai ini memiliki banyak pilihan bentuk dan motif. Untuk harganya pun relatif lebih murah.

Tetapi agar lebih awet, lantai ini juga harus dirawat dengan baik dan benar seperti jenis lantai yang lainnya. Berikut akan kami jelaskan bagaimana cara merawat lantai vinyl dengan benar. Mari disimak.

Sebelum membahas tentang cara merawat lantai vinyl, ketahui terlebih dahulu pengertian lantai vinyl.

Pengertian Lantai Vinyl

Lantai Vinyl adalah sejenis pelapis lantai yang terbuat dari vinyl yang tersedia dalam bentuk lembaran atau ubin (papan). Dan lantai vinyl merupakan jenis lantai paling murah ketimbang lantai pelapis jenis lainnya. Makanya banyak juga yang memakai lantai vinyl ini untuk melapisi lantainya agar terkesan klasik tetapi terkesan glamor dan elegan.

Cara Merawat Lantai Vinyl

Untuk cara perawatan lantai vinyl hampir sama dengan lantai kayu, hanya saja jika lantai kayu tidak boleh terlalu sering terkena air karena dapat menyebakan jamur dan kelapukan. Sedangkan pada lantai vinyl tidak akan tetapi juga tidak boleh terlalu banyak pemakaian air.

  1. Menyapu Secara Menyeluruh

Anda disarankan untuk rajin menyapu lantai vinyl. Karena lantai vinyl ini tidak tahan terhadap goresan maka, gunakan sapu atau vacum cleaner dengan bulu yang halus.

  1. Bersihkan Tumpahan Air

Bersihkan tumpahan air, karena lantai vinyl ini sensitif. Jika terlalu banyak kandungan air pada lantai ini dapat membuat permukaannya cepat berkerut hingga lapuk atau bahkan dapat memicu timbulnya jamur. Oleh karena itu, segera bersihkan noda tumpahan dengan menggunakan lap kering.

  1. Gunakan Campuran Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan pembersih yang sangat multifungsi. Tidak hanya dapat digunakan sebagai cara membersihkan lantai vinyl, cuka juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan lantai kayu dan cara membersihkan keramik yang kusam. Pembersih cuka ini dapat dicampurkan dengan pel seperti biasa.

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda juga dinilai ampuh untuk membersihkan lantai vinyl, kandungan yang terdapat di dalam bahan ini dinilai ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel dipermukaan lantai.

  1. Menghilangkan Goresan

Anda dapat menggunakan sedikit minyak pada kain halus, lalu gosokkan pada permukaan yang tergores. Bila goresan tersebut hanya berupa goratan ringan, biasanya goresan akan mudah untuk dihilangkan. Namun apabila goresan sudah terlalu parah, maka untuk mengatasinya anda perlu mengganti lantai dengan produk yang baru.

 

Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

WhatsApp chat