Tips Mewujudkan Perpustakaan Dalam Rumah

Arsitek Indo Kontraktor Malang – Apakah kalian suka membaca buku dan mempunyai banyaak sekali buku? Untuk menyimpan semua buku tersebut kalian membutuhkan rak rak buku. Gimana kalau kalian mewujudkan sebuah perpustakaan di dalam rumah? Dengan adanya perpustakaan, kalian bisa membaca dan menyimpan buku koleksi kalian di dalam perpustakaan itu. Tertarik untuk mwujudkan perpustakaan dalam rumah? Yuk simak artikel berikut.

1. Temukan tempat tenang

Sebelum Anda dapat mulai merencanakan apa pun termasuk mendirikan perpustakaan di rumah, penting bagi Anda untuk menemukan setiap sudut rumah yang dirasa tepat. Anda sebaiknya mengetahui sudut rumah mana yang tidak banyak dilewati banyak orang ketika sedang berada di rumah. Sama halnya dengan perpustakaan, yang memang membutuhkan rasa nyaman dan damai bagi para pembacanya.

2. Lakukan inventarisasi

Setelah mengetahui tempat yang tepat untuk mendirikan perpustakaan, Anda juga harus mengetahui ada berapa banyak buku yang Anda miliki. Baca juga: Bisa Dicontoh, Perpustakaan Terintegrasi dengan Hunian dan Komersial Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar Anda harus mendirikan perpustakaan dalam menampung seluruh buku yang Anda punya.  Jika perpustakaan yang Anda punya tak cukup untuk menampung seluruh buku yang Anda punya, maka Anda harus memilah buku mana saja yang penting untuk Anda letakkan di perpustakaan.

3. Ukur ruangan

Untuk menampung seluruh koleksi buku Anda, lihat apakah area yang akan Anda jadikan perpustakaan memiliki tempat yang cukup? Karena, bisa jadi dengan terlalu banyaknya buku yang menumpuk dengan tata letak yang tak rapih membuat rak buku Anda bisa jadi roboh. Sebaiknya ukur ruangan yang akan Anda gunakan untuk meletakkan buku yang akan Anda jadikan perpustakaan di rumah.

4. Pilih rak buku layak

Setelah berhasil mengukur ruangan untuk dijadikan tempat perustakaan, jangan lupa untuk membeli rak buku yang sesuai dengan kapasitas buku yang Anda miliki. Jika memiliki buku yang banyak, Anda harus membeli rak buku yang besar dan juga tinggi. Hal tersebut agar tak terjadi penumpukan buku yang membuat perpustakaan jadi kurang rapih. Tak hanya itu, sesuaikanlah dengan ketebalan buku yang Anda miliki. Jika, memang Anda tidak memiliki buku yang terlalu banyak, Anda bisa membeli rak buku yang lebih kecil dan pendek. Baca juga: Menengok Khutub Khanah, Perpustakaan Mini Ibnu Sina di Pulau Penyengat

Baca juga Tips Tata Letak Buku di Perpustakaan Dalam Rumah

5. Pilih model rak buku

Tak hanya memilih rak buku yang tepat, Anda juga boleh mengatur model rak buku seperti apa yang Anda inginkan. Pastikan juga agar rak buku tersebut sesuai dengan dekorasi yang sudah ada di dalam ruangan perpustakaan Anda. Tak hanya memiliki perpustakaan di dalam rumah, pastinya Anda juga ingin memamerkan koleksi buku Anda dengan pilihan model rak buku yang ciamik. Jangan lupa untuk memilih warna rak buku yang sesuai dengan tema desain interior rumah Anda. Baca berikutnya

WhatsApp chat