TIPS RUANG BELAJAR ANAK

Jasa Arsitek – Membuat ruang untuk anak belajar bisa menggunakan ruangan khusus atau di dalam kamar . Namun, jika kamar belajar anak anda luas, anda dapat menaruh furniture/ perabotan yang dapat mendukung kegiatan belajar anak.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang ruang belajar anak. Berikut tips yang harus diperhatikan saat ingin membuat ruang belajar anak di dalam kamar.

Luas Ruangan

Jika luas ruangan terbatas, anda bisa memakai konsep minimalis lesehan. Artinya adalah, dalam desain lesehan, tidak diperlukannya meja dan kursi belajar, namun, hanya cukup dengan menggunakan meja belajar mini. Tentunya yang masih dapat membuat anak nyaman dalam belajar.

Alas Duduk

Untuk alas duduknya, anda bisa menggunakan bantal atau sejenisnya, yang terpenting adalah yang dapat membuat anak anda nyaman saat duduk. Dengan demikian anak anda akan dapat berkonsentrasi dalam belajarnya, dan tanpa terganggu dengan keluhan yang timbul. Bila anda ingin memakai karpet, ada baiknya menggunakan karpet yang terdapat hal-hal yang disenangi oleh anak anda. Misalnya, jika anak anda suka dengan tokoh kartun naruto, anda bisa membeli karpet yang ada gambar narutonya atau hal lainnya.

Warna

Untuk pemilihan warna ruangan, pilihlah warna-warna yang terang yang disukai oleh anak-anak, warna pink untuk anak perempuandan warna biru untuk anak laki-laki. Ada baiknya, tanyakan kepada anak anda, warna apa yang mereka suka untuk dinding ruangan, biarkan mereka memilih sendiri warna kesenangannya. Hal ini bertujuan untuk membuat anak anda merasa nyaman berada di dalam kamar belajarnya, karena semua hal yang ada di dalam kamar belajarnya, adalah kesukaannya.

Udara

Aturlah sirkulasi udara yang ada di dalam kamar belajar anak dengan sebaik mungkin, ada baiknya ada jendela di dalam ruang anak anda, sehingga, setiap pagi atau sore, anda bisa mengganti udara yang ada di ruangan dengan udara yang baru yang lebih alami. Untuk menambah kenyamanan kamar belajar anak anda, anda bisa menaruh Ac atau kipas angin dalam ruangan tersebut.

Pencahayaan

desain ruang belajar

Factor ini sangat penting. Pastikan pencahayaan anak anda cukup terang. Bila pencahayaan ruangan tidak baik, bisa menurunkan mood belajar anak anda, dan hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan mata anak. Bila pada pagi atau siang hari, anda bisa menggunakan pencahayaan dari sinar matahari.

Anda bisa meletakkan meja dan kursi belajar dekat dengan jendela agar waktu siang hari bisa mendapatkan pencahayaan alami. Hal ini juga baik untuk ruangan. Ruangan jadi tidak lembab dan bau.

Nah, demikian tips membuat ruang belajar anak yang nyaman. Semoga bermanfaat . . .

 

WhatsApp chat