Trik Agar Kamar Sempit Menjadi Adem

Trik Agar Kamar Sempit Menjadi Adem

Arsitek Malang – Mempunyai kamar yang sempit memang sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika tatanannya yang salah akan menambah kesan sumpek pada kamar. Berikut akan diulas mengenai trik agar kamar yang sempit menjadi adem.

1. Maksimalkan ventilasi udara atau pasanglah exhaust fan yang harganya nggak terlalu mahal

Pasang exhaust fan

Ventilasi memegang peranan penting untuk membuat suasana kamar menjadi sejuk karena menjadi celah tempat keluar masuknya udara sehingga udara di dalam kamar memiliki sirkulasi yang baik. Menggunakan kipas di langit langit atau kipas duduk maupun berdiri di dekat jendela pada malam hari dapat membantu gerakan udara saat sedang nggak ada angin.

2. Menggunakan warna cerah untuk tembok akan memberikan perasaan sejuk dan tenang, terutama untuk kamar berukuran sempit

Gunakan warna yang cerah untuk tembok

Warna tembok ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap kesejukan kamar kamu lho. Kamar dengan tembok yang dicat dengan warna gelap biasanya akan terasa lebih sumpek dan panas. Sebaliknya, kamar dengan warna tembok cerah seperti warna putih, biru muda, dan hijau muda memberikan perasaan sejuk dan tenang bagi penghuninya. Kamar juga akan terasa lebih adem.

3. Hindari meletakkan terlalu banyak barang dalam kamar kostmu yang sempit itu karena justru bikin ruanganmu makin sumpek

Jangan terlalu banyak barang

Memenuhi kamar dengan barang-barang (apalagi yang nggak diperlukan) bisa membuat kamar terlihat sumpek. Semakin banyak barang di kamar, akan lebih banyak pula debu yang menumpuk dan mengganggu kesehatan. Sortir baik-baik barang yang akan dimasukkan dalam kamar. Jika nggak terlalu penting, simpan saja di gudang, disumbangkan, atau mungkin dijual di lapak garage sale.

4. Untuk menjaga temperatur yang lebih dingin di siang hari, matikan lampu atau gunakan lampu dengan watt kecil

Menggunakan lampu meja

Lampu yang dihidupkan terus-menerus hanya akan membuat kamar terasa lebih panas. Sering-seringlah mematikan lampu kamar. Bila kamu nggak nyaman dengan kamar yang gelap, gunakan lampu meja yang nggak terlalu terang atau lampu yang watt-nya kecil. Jika kamarmu dilengkapi dengan jendela, lebih baik buka jendela dan matikan lampu di siang hari. Selain hemat listrik, kamarmu juga akan terasa lebih sejuk.

5. Maksimalkan juga penggunaan kipas angin agar nggak sekadar muter angin saja di kamarmu

Arahkan kipas ke tembok yang berlawanan dengan posisimu

Penggunaan kipas angin yang benar adalah dengan cara mengarahkan kipas ke arah dinding yang berlawanan dengan tempat kita duduk atau tidur. Hal ini membuat sirkulasi udara akan menjadi lebih baik. Mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh hanya akan mendinginkan badan untuk sesaat. Selain itu, cara tersebut sangat nggak baik untuk kesehatan.

6. Meletakkan tanaman atau bunga dalam kamar akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan segar

Menaruh tanaman dalam kamar

Selain memberikan kesejukan, meletakkan tanaman atau bunga-bungaan di dalam kamar juga membuat kamar terlihat lebih nyaman. Sebagaimana yang kita ketahui, tanaman mengeluarkan oksigen di siang hari. Oksigen yang banyak tentu membuat ruangan terasa lebih sejuk dan menenangkan. Akan tetapi, sebelum tidur, ada baiknya kamu mengeluarkan tanaman-tanaman tersebut. Sebab, pada malam hari tanaman mengeluarkan karbondioksida yang justru nggak baik untuk kesehatan jika dihirup saat tidur.

JASA ARSITEK MALANG – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *