Trik Menghemat Semen Saat Acian Plesteran Dinding

jasa arsitek malang

jasa arsitek malangTRIK MENGHEMAT SEMEN SAAT ACIAN PLESTERAN DINDING

Jasa Arsitek Malang – Kami merupakan jasa arsitek dan kontraktor yang berada di Malang, menyediakan jasa desain gambar rumah, jasa bangun rumah, dan juga jasa renovasi rumah. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa kami bisa langsung hubungi kami di 0878 3475 4624, atau bisa KLIK DISINI. Pada kesempatan kali ini kami Jasa Arsitek di Malang akan memberikan beberapa ulasan mengenai cara atau trik hemat semen pada proses acian plesteran dinding rumah.

Apakah perlu dihemat?

Perlu tidaknya menghemat penggunaan semen pada pekerjaan acian, jawabannya ada pada Anda. Saya hanya memberikan alternatif dalam penghematan biaya, sebab pekerjaan acian bukanlah pekerjaan struktur yang tidak boleh dikurangi kualitasnya.

Pengaruh terhadap kekuatan bangunan

Pekerjaan acian bukanlah pekerjaan struktur seperti saya sebutkan di atas, jadi tidak akan berpengaruh terhadap kekuatan bangunan. Kekuatan bangunan ada pada struktur seperti : pondasi, beton sloof, beton kolom, dan ring balok. Nah untuk pekerjaan struktur tersebut jangan coba-coba untuk mengurangi kalitasnya. Kualitas bukan hanya komposisi campuran adukan, tetapi kualitas bahan yang digunakan harus dijaga.. terutama kualitas pasir, split, dan batu belah. Walaupun komposisi adukan sesuai dan benar, misalnya beton 1:2:3, tetapi kalau kualitas pasir dan splitnya jelek.. maka kualitas beton yang dihasilkan juga akan jelek pula.

Cara Menghematnya

Cara mengematnya adalah dengan menggunakan campuran tepung batu kapur (Mill) yang banyak dijual di toko bahan bangunan. Harga per kg kurang lebih Rp. 300, sedangkan harga semen per kg = Rp. 60.000 : 50 = Rp. 1.200. Campuran yang digunakan adalah 1 : 3 yaitu 1 kg semen dicampur dengan 3 kg mill.

Dengan campuran 1 : 3, maka perhitungan semen yang dihemat sbb :

  • Acian mengggunakan hanya semen per m2 acian membutuhkan 4 kg x Rp 1.200 = Rp.4.800
  • Acian menggunakan campuran 1 : 3  = 1 kg semen + 3 kg mill = (1 x Rp. 1.200) + (3 x Rp. 300) = 1.200 + 900 = Rp. 2.100,-.  Nilai penghematan = (4.800-2.100)/4.800 = 56%

Dengan adanya penghematan biaya sebesar 50% lebih, maka kebutuhan semen secara keseluruhan penggunaan semen akan lumayan berkurang, tanpa berpengaruh terhadap kualitas bangunan. Tapi mohon diingat, komposisi adukan plesteran jangan dikurangi. Kebutuhan semen untuk 1 m2 pekerjaan plesteran dengan ketebalan 2 cm, adukan 1 semen : 5 pasir membutuhkan 7,2 kg semen.

Nah diatas adalah ulasan mengenai cara menghemat semen pada saat acian plesteran dinding. Untuk info mengenai portofolio dan track record pembangunan kami jasa arsitek Malang, bisa Anda cek DISINI. Semoga bermanfaat 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – JASA ARSITEK MALANG | JASA DESAIN RUMAH MALANGKONTRAKTOR MALANG | JASA BANGUN RUMAH MALANG merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 0878 3475 4624

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *