Variasi Pola Keramik Lantai

Variasi Pola Keramik Lantai – Lantai merupakan permukaan bawah yang berfungsi sebagai pijakan kaki. Lantai biasanya dapat terbuat dari keramik, marmer ataupun kayu. Lantai yang berpola memiliki pengaruh besar terhadap tampilan ruangan secara keseluruhan. Lalu, pola apa saja yang bisa diterapkan pada keramik lantai? Simak yuk ulasan kami dibawah ini.

Pola lantai chevron yang kembali populer

Pola lantai chevron sudah ada sejak era 1960-an dan kini kembali populer. Berupa garis zig-zag yang memadukan dua warna kontras, keramik lantai ini boleh terbilang seperti ilusi mata.

Jika anda tertarik dengan pola lantai chevron tapi tak ingin pusing melihat ilusi setiap hari, beralihlah menggunakan lantai kayu dengan motif chevron. Selain sesuai untuk anda yang mendambakan hunian terkesan lebih natural, lantai kayu juga mampu membawa kehangatan dalam ruangan apapun.

Pola sarang lebah, manfaatkan bentuk heksagonal

Bosan dengan bentuk persegi, coba bentuk heksagonal alias segienam seperti inspirasi di atas. Pola lantai dengan keramik bentuk ini akan terlihat seperti sarang lebah. Untuk variasi, pola heksagonal dari marmer seperti ini bisa dipadukan dengan lantai kayu sehingga tercipta desain kontemporer yang estetik.

Selain memadukan material yang berbeda, pola lantai heksagonal ini juga bisa memadukan warna keramik yang berbeda. Jangan lupa, semakin luas ruangan, pilih keramik dengan ukuran yang lebih besar pula.

Pola herringbone, mirip tapi beda dengan chevron

Sekilas, pola lantai herringbone ini terlihat sama seperti pola chevron. Namun bila dicermati, susunannya sedikit berbeda. Pola chevron dibuat dalam garis zig-zag yang seakan tanpa sambungan, sedangkan pola herringbone berupa potongan-potongan keramik atau kayu dalam bentuk persegi panjang yang disusun zig-zag. Pola lantai seperti ini cocok untuk menambah nilai estetika pada hunian dengan interior Skandinavia ataupun vintage.

Ragam hias geometris dengan pola segitiga

Dengan keramik berbentuk segitiga, kita dapat menghasilkan beragam pola lantai. Misalnya saja membentuk pola persegi dengan menggabungkan empat buah segitiga menjadi satu persegi. Manfaatkan variasi turunan warna netral agar tampak pola lantai estetik dengan warna kontras yang memukau.

Jangan hanya fokus pada pola lantai yang terbentuk dari ubin lantai persegi saja. Menyusun keramik segitiga sehingga terlihat seperti garis panjang dengan warna selang-seling seperti ini juga terlihat estetik.

Bingkai dengan aksen tradisional

Pola lantai persegi akan terlihat lebih estetik jika diberi bingkai dengan warna yang lebih terang. Contoh saja inspirasi di atas dengan pola yang cocok untuk hunian bergaya tradisional. Mirip seperti bingkai foto, potongan kayu tua berbentuk segiempat dikelilingi oleh kayu muda berbentuk persegi panjang, dengan kotak kecil berwarna cokelat tua pada setiap titik pertemuan garis bingkai.

WhatsApp chat