YUK HEMAT RUANGAN RUMAH

Jasa Arsitek –  Jika kalian mempunyai rumah atau apartemen dengan luas yang terbatas, mulai sekarang yuk mulai hemat ruangan. Maksudnya apa si? Solusi untuk ruang terbatas adalah dengan menggabungkan dua atau lebih ruangan menjadi satu space agar space yang lain bisa di gunakan untuk ruang dengan fungsi lain.

Dengan multifungsi ruangan ini akan lebih mengutamakan fungsionalitas ruang serta tidak melupakan estetika ruang. Seperti apa inspirasi ruang multifungsi? Berikut inspirasi ruang multifungsi untuk anda.

Kamar Sekaligus Ruang Santai

©ET Associates

Biasanya ruang santai menempati area tersendiri yakni di teras depan, taman belakang, atau balkon kamar. Anda dapat keluar dari kebiasaan tersebut dengan memasukkan ruang santai keluarga di dalam kamar utama. Ruang santai keluarga dapat berada tepat di samping ranjang dengan satu sofa panjang dan satu sofa single sebagai area duduknya. Ruangan demikian cocok khususnya untuk pasangan yang baru menikah.

Empat Fungsi Dalam Satu Ruang

©Fine Team Studio

Apartemen di atas benar-benar dapat menjadi contoh dan inspirasi dari ruang multifungsi yang sesungguhnya. Satu area dapat menampung empat fungsi sekaligus yakni dapur, area servis, meja makan dan ruang keluarga. Dapur dibuat panjang dengan area servis seperti mesin cuci berada di sudut ruang. Lalu, meja island memiliki fungsi ganda sebagai “meja kerja” di dapur dan meja makan. Di seberang meja makan dapat ditempatkan sofa dan televisi sebagai area santai bersama keluarga.

Dapur Sekaligus Ruang Makan

©HL Architect Studio

Ide menggabungkan dapur dengan ruang makan sungguh brilliant. Jarak antara dapur dan ruang makan yang tidak terhalang akan mempermudah menyajikan makanan yang fresh from the oven. Sehingga kita tidak capek jalan bolak-balik ruang makan dengan dapur untuk menghidangkan makanan.

Ruang Keluarga Sekaligus Ruang Baca

6 Inspirasi Ruang Multifungsi di Rumah

Pemilik rumah ini tampak gemar sekali membaca buku. Namun, ukuran tanah yang kecil, tak memungkinkan adanya perpustakaan atau ruang baca di rumah tersebut. Alternatifnya, lemari besar ditempatkan di ruang keluarga yang menyatu juga dengan meja makan dan dapur. Lemari enam tingkat ini dijadikan sebagai tempat menyimpan buku-buku. Lalu, untuk ruang bacanya, gunakan saja ruang keluarga. Multifungsi, bukan?

Ruang Tamu Bersebelahan Dengan Ruang Kerja

6 Inspirasi Ruang Multifungsi di Rumah

©ATELIER RIRI

Masih dalam satu rumah yang sama seperti sebelumnya, sang arsitek sangat cerdas dalam menempatkan ruang per ruang di hunian ini. Demi menciptakan ruang multifungsi, sang arsitek membuat ruang kerja yang menyatu dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Uniknya, di antara ruang kerja dan area televisi terdapat tirai sehingga sewaktu-waktu kedua ruang dapat dipisah ketika sedang ada tamu yang berkunjung.

Nah, tadi beberapa ruangan multifungsi yang bisa diterapkan di rumahmu.

WhatsApp chat